Rabu, 21 April 2021 05:57

​Terlibat Tawuran, Dua Perguruan Silat di Jombang Sepakat Damai

Selasa, 15 Desember 2020 14:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
​Terlibat Tawuran, Dua Perguruan Silat di Jombang Sepakat Damai
Proses mediasi antara kedua perguruan silat di Mapolsek Mojowarno. (foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sempat terlibat tawuran di jalan raya depan Rumah Sakit Kristen (RSK) Mojowarno Kabupaten Jombang pada Senin (14/12/2020) sore, dua perguruan silat PSHT dan IKSPI akhirnya sepakat berdamai.

Kesepakatan damai tersebut usai dilakukan mediasi oleh Kapolsek Mojowarno AKP Yogas terhadap dua pihak yang terlibat tawuran dengan diwakili oleh ketua ranting dari masing-masing perguruan.

“Kami mediasi dua kelompok yang terlibat tawuran, masing-masing diwakili ketua rantingnya. Alhamdulillah, pertemuan kedua belah pihak bersepakat untuk damai,” ujar Kapolsek Mojowarno.

Dalam proses mediasi, lanjut Yogas, pihak IKSPI memberikan santunan kepada anggota PSHT yang menjadi korban penyerangan. Saat aksi tawuran terjadi, terdapat tiga korban dengan luka ringan dari kelompok PSHT.

BACA JUGA : 

Buntut Ricuh Antar Perguruan Silat di Tuban, Ketua Panitia Kopdar Ditetapkan Jadi Tersangka

Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Sinar, Santri di Jombang Jajal Perpanjang SIM, Cukup Hitungan Menit

Arogan di Jalan, Ratusan Anggota Pencak Silat di Tuban Keroyok Perguruan Lain, 3 Orang Luka

Polres Jombang Ungkap Ratusan Kasus dalam Operasi Pekat Semeru Selama Dua Pekan

“Ada tiga korban yang mengalami luka ringan dari pihak PSHT, yakni luka memar di lengan atas sebelah kanan dan luka lecet di kaki kanan. Korban kedua mengalami luka lecet di tangan kanan, dan korban ketiga luka lecet di jari telunjuk sebelah kanan,” terangnya.

“Sedangkan untuk santunan yang diberikan dari pihak IKSPI sebesar 11 juta rupiah yang diterima oleh salah satu korban dengan disaksikan oleh kedua ketua ranting masing-masing kubu. Selanjutnya disertai dengan penandatanganan kesepakatan damai yang berisi bahwa permasalahan sudah dianggap selesai dan tidak ada balas dendam,” jelas Kapolsek Mojowarno.

Usai kesepakatan damai, Kapolsek Mojowarno berpesan kepada kedua belah pihak untuk membantu menjaga situasi damai di wilayah Mojowarno, sebab akan ada Pemilihan Kepala Desa Mojoduwur.

“Jika ada permasalahan lagi maka hal tersebut dianggap sebagai persoalan personal masing-masing tanpa melibatkan perguruan dan Polsek Mojowarno akan menyelesaikan sesuai prosedur hukum yang ada,” pungkas Yogas.

Sebelumnya, dari informasi yang didapat, diduga tawuran dipicu oleh ulah sekelompok pemuda dari salah satu perguruan silat tersebut di depan salah satu warung di wilayah Mojowarno. Hingga memicu emosi kelompok lain dan akhirnya bentrok. (aan/zar)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...