Selasa, 22 Juni 2021 02:51

Operasi Pasar Murni, Upaya Pemkot Kediri Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

Kamis, 17 Desember 2020 13:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Operasi Pasar Murni, Upaya Pemkot Kediri Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru
Operasi Pasar Murni (OPM) yang digelar 2 hari, tanggal 16-17 Desember 2020. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri bekerja sama dengan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) mengadakan Operasi Pasar Murni (OPM) pada tanggal 16-17 Desember 2020.

Acara diadakan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Pesantren (kantor kecamatan), Kecamatan Kota (berlokasi di Kelurahan Banjaran), dan Kecamatan Mojoroto (berlokasi di Kelurahan Bandar Lor).

“Acara ini bertujuan untuk stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Kota Kediri menjelang Hari Besar Nasional Natal dan Tahun Baru 2021,” kata Tanto Wijohari, Kepala Disperindagin Kota Kediri, Kamis (17/12/2020).

Sementara Anik Sumartini, Kabid. Perdagangan Disperindagin memaparkan bahwa barang-barang pokok yang dijual meliputi beras (1,5 ton), gula pasir (1 ton), minyak goreng (768 botol), dan telur (300 kg). Bahan kebutuhan pokok tersebut dijual di tiga kecamatan selama 2 hari.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Sampaikan Tanggapan atas PA Fraksi Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD

Percepat Vaksinasi Covid-19, Pemkot Kediri Sasar Masyarakat Usia 18 Tahun ke Atas

Pemkot Kediri Rujuk Pasien ODGJ di Kelurahan Ngampel ke RSJ Lawang

Laptop Baru untuk Mahasiswi Cucu Tukang Becak yang Bercita-cita Jadi Kepala Sekolah

“Sasarannya semua warga masyarakat Kota Kediri boleh membeli,” kata Anik. Harga jual di OPM ini di bawah harga pasar. Yaitu beras dijual dengan harga Rp 46.000,-/kemasan 5kg, telur seharga Rp 24.000,-/kg, gula pasir Rp 10.700,-/kg, dan minyak Rp 10.300,-/botol (kemasan 1 lt).

Dalam pelaksanaannya, panitia OPM tetap memerhatikan protokol kesehatan. OPM digelar dua hari agar tidak terjadi kerumuman. Sehingga masyarakat yang membutuhkan punya kesempatan dua hari untuk berbelanja. Selain itu, di lokasi juga diterapkan jaga jarak, pengecekan suhu, dan cuci tangan.

“Warga kita kondisikan untuk tertib mengantre dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” kata Widiantoro, Camat Pesantren yang memantau acara.

Selain itu, rupanya masyakarat yang datang tidak memborong karena murah, tetapi hanya membeli sesuai dengan kebutuhan dan memberi kesempatan yang lain agar merata.

“Saya hanya membeli telur dan minyak, karena beras dan gula di rumah masih ada,” kata Mustikarini, warga Kecamatan Pesantren. Ia mengatakan, acara ini sangat membantu warga yang membutuhkan, karena saat ini harga bahan pokok mulai naik. (uji/rev)

Jambret Hp di Pasuruan Babak Belur Dihakimi Massa
Senin, 21 Juni 2021 23:15 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaku jambret seorang ibu-ibu di Kota Pasuruan, Jawa Timur, babak belur dihajar massa pada Sabtu (19/06/2021) malam kemarin. Seperti inilah rekaman video amatir milik salah satu warga, saat pelaku jambret berinisial...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...