Sabtu, 15 Mei 2021 17:26

Hadiri Dies Natalis ke-56, LaNyalla Pesan 5 Hal Ini ke Unesa Supaya Bisa Cetak SDM Unggul

Senin, 21 Desember 2020 17:16 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Hadiri Dies Natalis ke-56, LaNyalla Pesan 5 Hal Ini ke Unesa Supaya Bisa Cetak SDM Unggul
LaNyalla saat hadiri Dies Natalis Unesa ke-56.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Nurhasan menegaskan bahwa mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul adalah kewajiban Unesa sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur. Untuk itu, momentum Dies Natalis ke-56 ini menjadi penanda penting dan menjadi ruang refleksi capaian serta target selama 56 tahun Unesa berdiri.

Hal itu diungkapkan pasca Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan orasi ilmiah saat rapat terbuka senat dalam rangka Dies Natalis ke-56 dan Pengukuhan Profesor/Guru Besar Universitas Negeri Surabaya, Senin (21/12/20).

Seperti diketahui, dalam orasi ilmiah yang disampaikan, LaNyalla berpesan agar Unesa mampu mencetak SDM unggul, maka Unesa harus unggul di lima hal penting. Pertama, unggul dalam proses pelaksanaan pendidikan. Kedua, unggul dalam penelitian dan pengabdian. Ketiga, unggul dalam lulusan yang berdaya saing. Keempat, unggul dalam bidang keilmuan, dan yang kelima, unggul dalam persaingan global.

"Dies Natalis ini perlu dirayakan dengan rasa syukur dan dengan terus melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan bersama. Momentum ini kita jadikan sebagai momentum untuk menyiapkan kelulusan dan sinergitas agar Unesa bisa terus menerus memberikan sumbangsih positif terhadap tumbuhnya edukasi dan produk unggulan dalam kehidupan masyarakat," ujar Nurhasan.

BACA JUGA : 

Apresiasi Prestasi Atlet, KONI Bangkalan Tanda Tangani MoU Dengan Tiga Perguruan Tinggi

Tingkatkan Perdagangan dan Kualitas SDM, Kadin Jatim Sinergi dengan NTT

6.000 Bhabinkamtibmas Dikerahkan Tegakkan Prokes di Jatim, Ketua DPD RI Beri Apresiasi

​Dikunjungi Ketua DPD RI, Bupati Pamekasan Paparkan Kesuksesan Lima Program Prioritas

Hal itu sebagai wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Nurhasan menegaskan, melalui perbaikan dari segala aspek, tahun ini Unesa berhasil menduduki peringkat ke-19 dalam klasterisasi perguruan tinggi, naik dibanding sebelumnya yang masih menempati peringkat ke-19.

Selian itu, pada tanggal 16 Desember 2020 lalu, Unesa juga berhasil masuk kategori A dalam Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan kinerja memuaskan, memimpin perubahan dan sangat akuntable.

Ke depan, Unesa akan terus berkomitmen melakukan perbaikan dalam empat hal. Pertama tentang tata kelola anggaran, kedua peningkatan kualitas lulusan, ketiga kualitas kurikulum dan pembelajaran serta ke empat peningkatan kualitas dosen.

Untuk peningkatan kualitas dosen, Unesa telah bekerja sama dengan Kadin Institute dalam pelaksanaan uji kompetensi teknis dosen. Dan pada kesempatan Dies Natalis ke-56 tersebut, Kadin Jatim menyerahkam sertifikat secara simbolik kepada 90 dosen yang telah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi teknis dosen di Kadin Institute beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan bahwa Unesa adalah salah satu Perguruan Tinggi di Jatim yang telah bekerja sama dengan Kadin Institute dalam hal peningkatan kualitas dosen.

"Tahap awal, ada sekitar 90 dosen yang mengikuti pelatihan dan uji kompetensi teknis dosen. Tahap kedua akan dilaksanakan pada Januari 2021 dengan jumlah 90 dosen. Selanjutnya akan dilaksanakan secara bertahap hingga target 800 dosen bisa tersertifikasi di tahun ini," ujar Adik.

Selain dengan Unesa, Kadin Jatim melalui Kadin Institute juga telah bekerja sama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) untuk pelatihan dan uji kompetensi teknis dosen serta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk pelatihan dan uji kompetensi teknis guru Sekolah Menengah Kejuruan di seluruh Jatim.

"Target kami, ketika dosen atau guru di SMK tersebut telah tersertifikasi, maka mereka akan mengenal dunia industri sebagai bekal mengajar siswa atau mahasiswanya. Sehingga ketika siswa atau mahasiswa magang, maka sudah ada gambaran tentang tenaga kerja yang dibutuhkan industri," pungkas Andik. (nf/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...