Kamis, 15 April 2021 20:43

​Batu Love Garden Suguhkan Ribuan Bunga dan Edukasi, Siap Sambut Wisatawan

Minggu, 27 Desember 2020 13:48 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
​Batu Love Garden Suguhkan Ribuan Bunga dan Edukasi, Siap Sambut Wisatawan
Objek Wisata Batu Love Garden siap sambut wisatawan. (foto: BALOGAOFFICIAL)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Batu Love Garden (Baloga) persembahan dari Jawa Timur Park Group menyuguhkan destinasi wisata ribuan bunga, buah, dan sayuran hingga sarana edukasi bagi wisatawan yang berkunjung. Hadirnya tempat ini semakin mewarnai dunia pariwisata di Kota Batu.

Berlokasi di Dusun Binangun, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Baloga berdiri di atas lahan seluas 7 hektare.

Direktur Utama Baloga Isa Mei Wahyuni, S.H., M.Kn., menjelaskan bahwa meskipun belum 100 persen rampung pembangunannya, Baloga siap menerima kunjungan wisatawan menjelang Tahun Baru 2021.

"Untuk saat ini Baloga pembangunannya masih berjalan sekitar 70 persen. Jadi, tinggal menyelesaikan kekurangan dari beberapa spot-spot saja. Baloga dipersembahkan oleh Jawa Timur Park, untuk mengedukasi kepada para wisatawan yang berkunjung dengan mengenalkan jenis-jenis bunga, buah, dan sayuran," ujar Yuni.

BACA JUGA : 

Lima Orang Berebut Jabatan Direktur PT BWR

Stabilkan Harga Pangan, Pemkot Batu Gelar Operasi Pasar

Survei Lapangan Pascagempa, BMKG Kunjungi Kota Batu

Rakor Evaluasi PPKM Mikro V, Pemkot Batu Antisipasi Penambahan Kasus

Menurutnya, Baloga sangat berbeda dengan taman bunga lainnya. Hal itu mengingat, karena wahana wisata tersebut lebih menonjolkan wisata buah dan sayuran.

"Karena di sini ada berbagai jenis-jenis sayuran dan buah-buahan. Selain itu, juga terdapat ribuan bunga yang dikemas dan dihias sedemikian rupa, dan menarik untuk diabadikan dengan berswafoto tentunya, dan itu sangat digemari wisatawan yang berkunjung ke sini," kata Yuni.

Hal senada juga disampaikan Operasional Manager Baloga Yusuf Indra Jufri, bahwasanya kurang lebih terdapat ribuan jenis bunga, hingga buah, dan sayuran yang ada di destinasi baru tersebut.

"Jadi, wahana di sini mulai bunga, buah, hingga sayuran yang ada di Baloga ini memang jenisnya banyak sekali dan sangat beragam. Yakni, mulai dari tanaman hias bonsai, anggrek, tropical fruit garden, floral art, rose garden, all about mushroom, aquaponik, hidroponik, rumah jamu, aquascape, dan masih banyak yang lainnya," ungkap Yusuf.

Ditambahkan dia, di Baloga juga terdapat sarana edukasi dan pengenalan tentang berbagai jenis-jenis binatang serangga.

"Ya, di antaranya salah satunya adalah kupu-kupu, lebah, dan walang," tukas dia.

Sementara itu, Manager Marketing & Public Relation Jawa Timur Park Group Titik S. Ariyanto menambahkan, setiap weekend Baloga juga menyuguhkan parade, dengan menghadirkan mobil berhias ratusan replika bunga, diiringi musik dance untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung.

"Wisatawan nantinya juga dapat berswafoto dengan mobil hias bunga. Parade ini tidak setiap hari kami suguhkan, namun hanya hari-hari tertentu saja, seperti saat high season atau long weekend," tandasnya.

Wanita asli Kota Batu yang hampir dua puluh tahun mengabdi di Jawa Timur Park ini juga menyebutkan, di Baloga juga terdapat berbagai jenis-jenis tanaman buah beriklim tropis yang ditanam di dalam area tersebut.

"Tujuannya, agar para pengunjung dapat mengetahui tentang tanaman dan buah-buahan yang memiliki varietas beragam. Yakni mulai dari varietas dan manfaatnya," pungkas Anggota PHRI Kota Batu ini.

Sekadar diketahui, operasional Baloga dibuka mulai pukul 08.30-16.30 WIB, dan untuk HTM (Harga Tiket Masuk) pada saat weekday Rp 60 ribu dan high season atau weekend Rp 80 ribu. (asa/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...