Minggu, 17 Januari 2021 00:39

Respons Cepat Tangani 2 Kasus Anak, Kapolres Gresik Diganjar Penghargaan KPAI

Rabu, 13 Januari 2021 20:28 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Respons Cepat Tangani 2 Kasus Anak, Kapolres Gresik Diganjar Penghargaan KPAI
Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat menerima penghargaan dari Ketua KPAI Arist Merdeka Sirait. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kerja keras Polres Gresik beserta jajaran untuk mengungkap kasus pembunuhan anak di Bukit Jamur Desa Bungah, Kecamatan Bungah, serta penganiayaan remaja putri di Alun-alun Gresik, berbuah penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait kepada Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto di Aula Parama Satwika 98 Polres Gresik, Rabu (13/1/21).

Hadir dalam acara itu, Sekretaris Jenderal KPAI Dhanang Sasongko, Ketua Polisi Selebriti Zandre Badak, dan Pejabat Utama Polres Gresik.

Dalam kesempatan itu, Polres Gresik juga menerima penghargaan edukasi lalu lintas sejak usia dini serta penghargaan Polisi Award dari Ketua Polisi Selebriti.

Arist Merdeka Sirait menyatakan, reward tersebut pantas diterima Kapolres Gresik yang telah bergerak cepat dalam merespons kasus perundungan anak dan berhasil mengungkap kasusnya. "Kami selaku KPAI dengan ini memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Polres Gresik," ujarnya.

Menurut dia, penanganan kasus anak di bawah umur, khususnya kejahatan seksual terhadap anak-anak, dapat menerapkan dan menggunakan PP No. 70 Tahun 2020.

Sementara AKBP Arief Fitrianto menyampaikan terima kasih atas dukungan KPAI kepada Polres Gresik dalam menyelesaikan kasus yang melibatkan anak-anak. "Seperti kasus pembunuhan anak-anak di Kecamatan Bungah dan kasus perundungan di alun-alun yang dapat kita ungkap dalam waktu singkat," ujar AKBP Arief.

Diakuinya, keberhasilan Polres Gresik dalam mengungkap sekaligus menangkap pelaku kekerasan terhadap anak tidak lepas dari dukungan, semangat, serta kerja keras jajarannya dalam menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polres Gresik.

"Alhmadulillah, kasus kekerasan terhadap anak dapat terungkap. Ini sebagai wujud pelayanan prima kami terhadap masyarakat, bahwa Polri senantiasa hadir untuk memberikan pelindungan dan menjaga kamtibmas," jelasnya.

Menurut Arief, penanganan perkara perlu mengedepankan upaya preventif, dengan memberikan pendidikan dan mengajak masyarakat untuk terlibat mengawasi dan melindungi anak-anaknya.

"Pemberian penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran Polres Gresik untuk mempertahankan kinerja dalam melayani dan mengayomi masyarakat," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...