Minggu, 17 Januari 2021 01:27

Sehari Resmikan Lima Taman Sekaligus, Pj. Bupati Sidoarjo Minta Warga Ikut Merawatnya

Rabu, 13 Januari 2021 21:16 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Sehari Resmikan Lima Taman Sekaligus, Pj. Bupati Sidoarjo Minta Warga Ikut Merawatnya
TERAPI SARAF KAKI: Hudiyono mencoba fasilitas batu pijat di Taman Lansia, Rabu (13/1/21). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono meresmikan lima taman sekaligus dalam sehari, Rabu (13/1/21). Hudiyono pun meminta warga yang tinggal di sekitar taman ikut menjaga dan merawat taman-taman tersebut.

Lima taman yang ditinjau dan diresmikan oleh Hudiyino, yakni Taman Lansia yang dibangun di atas tanah fasum Perum AURI Kwadengan, Taman Fasum Bundaran Gading Fajar, Taman Urang Bandeng pulau jalan depan Kantor Dinas Perizinan Jalan Pahlawan, dan Taman Fasum Perumahan Permata Gedangan.

Selain taman, Hudiyono juga meninjau sarana olahraga skateboard yang dibangun di atas tanah fasum perumahan Pondok Jati. Lokasinya ada di seberang jalan Taman Abhirama.

Bagi Cak Hud, panggilan karib Hudiyono, permukiman tanpa adanya taman-taman terasa ada yang kurang. Banyak tanah fasum dan fasos sekarang sudah berubah jadi taman. Pemanfaatan tanah fasum ini menurut Cak Hud juga atas permintaan warga. Karena selama ini banyak yang tidak terurus.

Kehadiran taman ini, menurut Cak Hud punya manfaat yang luar biasa. Apalagi saat ini ada pandemi Covid-19 yang ada pengaturan pembatasan untuk kegiatan masyarakat. Kalau tidak ada keperluan yang mendesak cukup tinggal di rumahnya masing-masing atau bermain di taman sekitar.

"Manfaat taman ini sebagai tempat edukasi, apalagi sekarang anak sekolah masih belajar secara daring sehingga tidak perlu keluar jauh-jauh, cukup datang ke sini dengan orang tuanya, tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan 3 M," cetus Cak Hud.

Dibangun dengan menggunakan dana APBD tahun 2020 melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Cak Hud minta kepada warga sekitar agar menjaga dan merawatnya dengan baik.

Selain bisa dipakai untuk taman bermain anak, warga juga bisa memanfaatkan untuk olahraga. Seperti Taman Lansia di Perum AURI, taman ini dilengkapi jalan khusus untuk terapi kaki berupa batu pijat. Para lansia tiap pagi bisa berolahraga.

"Taman yang sudah jadi ini tolong dijaga dan dirawat. Karena ini inisiatif warga yang ikhlasnya luar biasa. Awalnya tanah fasum ini dilihat lama tidak difungsikan, akhirnya warga menyerahkan kepada pemkab Sidoarjo dan warga minta dibangun agar bisa dimanfaatkan, akhirnya dijadikanlah taman," urai Cak Hud.

Cak Hud menyebut, komunikasi antara warga dan pemkab seperti ini jadi contoh bahwa masyarakat menyerahkan fasumnya kemudian pemkab bisa membangun. 

"Apalagi di sini (warga Perum AURI) sebagian besar adalah lansia, taman ini didesain dengan konsep tematik maka taman ini dibangun dengan struktur yang bisa dimanfaatkan para lansia," pungkas Cak Hud. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...