Minggu, 07 Maret 2021 09:20

Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Gresik, Wagub Jatim Pastikan Keamanan dan Kehalalan

Jumat, 15 Januari 2021 20:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Gresik, Wagub Jatim Pastikan Keamanan dan Kehalalan
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak didampingi Wabup Moh. Qosim dan pejabat Forkopimda saat melihat pelaksanaan vaksinasi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyebut bahwa Kabupaten Gresik adalah Kabupaten pertama di Jawa Timur yang melakukan vaksinasi Covid-19.

Pernyataan tersebut diungkapkan Wagub Jatim saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RSUD Ibnu Sina Gresik, Jumat (15/1/2021). Vaksinasi perdana di Kabupaten Gresik ini diikuti sebanyak 10 orang pejabat publik, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Wagub mengatakan, vaksin ini adalah salah satu perjuangan dan ikhtiar dalam mengentaskan pandemi Covid-19. Ia memastikan, vaksin produksi Sinovac ini sudah melalui berbagai proses.

Pemerintah juga menjamin keamanan dengan telah terbitnya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Termasuk, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa vaksin Covid-19 halal dan suci.

"Vaksin ini sudah melalui berbagai uji klinis dan dijamin keamanannya. Begitu pun MUI juga sudah menyatakan halal terhadap vaksin ini," tegasnya.

Untuk itu, wagub meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan was-was terhadap vaksinasi yang dilakukan.

"Saya juga sebagai orang pertama di Jawa Timur yang sudah disuntik vaksin Kamis (14/1/2021). Kenapa saya lebih dulu? Karena saya ingin memberikan kepercayaan kepada masyarakat, bahwa vaksin ini benar-benar aman," terangnya.

Wagub menyatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini, pemerintah memfokuskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan (nakes). Sebab mereka adalah garda terdepan di bidang pelayanan kesehatan. Selanjutnya adalah masyarakat dengan usia rentan.

Sementara, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim mengatakan, 10 orang yang mengawali vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gresik merupakan pionir untuk menjadi contoh dan menyebarkan semangat bervaksin.

"Untuk dijadikan semangat, contoh, dan dapat menyebarkan kebaikan dari vaksin ini. Sehingga bisa bersama-sama menjaga keluarga dan orang tua kita yang sampai saat ini masih belum dapat memperoleh vaksin," ujarnya. (hud/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...