Kamis, 04 Maret 2021 23:14

Pemkot Kediri Matangkan Persiapan, Begini Alur Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Selasa, 19 Januari 2021 14:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Pemkot Kediri Matangkan Persiapan, Begini Alur Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19
Warga yang akan divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir yang sudah disiapkan. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Meski Kota Kediri mendapatkan giliran vaksinasi pada awal Februari 2021, namun saat ini sosialisasi dan persiapan sudah mulai dilakukan. Salah satunya dengan mempersiapkan tempat vaksin dan sosialisasi tahapan yang harus dilalui sasaran (orang yang divaksin).

“Kota Kediri dapat jatah awal Februari. Untuk bulan Januari ini hanya untuk Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo,” kata Fauzan Adima, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Kediri, Selasa (19/1/2021).

Menurut Fauzan, pelaksanaan vaksinasi pada bulan Januari diutamakan untuk ibu kota provinsi dan kota-kota penyangga di sekitarnya. Selama menunggu giliran, Kota Kediri dalam hal ini dinas kesehatan telah menyiapkan 9 Puskesmas dan 6 rumah sakit sebagai tempat penyelenggaraan vaksinasi Covid-19.

"Sebagaimana persiapan di Puskesmas Pesantren II, dinkes menyediakan 4 meja yang harus dilalui oleh sasaran vaksinasi. Prosedurnya, sasaran datang dan mengantre dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan," terang Fauzan.

Kemudian sasaran mencuci tangan dan dicek suhu, kemudian menuju meja pertama. Di meja pertama ini, kata Fauzan, sasaran menunjukkan surat undangan/QR Code yang akan dipindai oleh petugas. Setelah sesuai dengan data, maka sasaran menuju meja II.

Di meja II, sasaran akan diukur tensi darah, kemudian menjawab sekitar 16 pertanyaan yang akan ditanyakan oleh petugas. Pertanyaan-pertanyaan ini seputar kondisi sasaran, kesehatan, sejarah penyakit, dan juga apakah menerima vaksin dalam kurun waktu tertentu.

"Sasaran hendaknya menjawab dengan sejujur-jujurnya, sebab jawaban ini akan berhubungan dengan kesuksesan vaksinasi. Setelah selesai dan lolos, maka sasaran akan mendapatkan kartu tanda peserta vaksinasi," ujar Fauzan.

Lalu lanjut di meja III, di sinilah proses vaksinasi dijalankan. Petugas akan menyingsingkan lengan sasaran, mengusap alkohol, lantas menyuntikkan vaksin. Terakhir, menutup bekas vaksin dengan plester.

Selanjutnya, sasaran menuju meja terakhir, yaitu meja ke IV. Di sini, pasien akan melapor, kemudian diminta untuk menunggu selama 30 menit di ruang tunggu. Selama 30 menit akan diobservasi. Bila tidak ada gangguan, maka sasaran akan menerima surat keterangan telah divaksin dan diperkenankan untuk pulang. Apabila selama 30 menit ada gangguan, maka petugas akan memberikan tindakan lebih lanjut.

"Demikian tahapan yang harus dilalui. Sosialisasi vaksinasi terus dilakukan oleh Pemkot Kediri untuk menyukseskan program ini dan segera menghentikan penyebaran Covid-19," pungkas Fauzan. (uji/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Rabu, 03 Maret 2021 05:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Data ini benar-benar mengejutkan. Bayangkan. Dari 1.000 orang Indonesia, 950 orang kekurangan vitamin D. Loh, bukankah sinar matahari di Indonesia melimpah?Ternyata sinar matahari saja tidak cukup. Lalu harus ditambah ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...