Pelindo III dan PMI Gelar Donor Plasma Konvalesen, Diikuti 250 Penyintas Covid-19

Pelindo III dan PMI Gelar Donor Plasma Konvalesen, Diikuti 250 Penyintas Covid-19 Kegiatan donor plasma konvalesen. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Donor Darah (UDD) Surabaya berkolaborasi melakukan kegiatan donor plasma konvalesen pada 21 dan 22 Januari 2021. Sebanyak 250 penyintas Covid-19 yang berasal dari internal Group dan masyarakat umum mendaftarkan diri.

Direktur SDM Edi Priyanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang tengah berjuang melawan infeksi virus di tubuhnya. Tentunya kegiatan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini juga sebagai bagian dari menyemarakkan Bulan K3 Nasional. Beberapa kegiatan lain juga kami selenggarakan seperti donor darah, sosialisasi protokol kesehatan Covid-19, dan tentunya kampanye mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja,” katanya, Kamis (21/1/2021) kemarin.

Dari 250 orang penyintas Covid-19 yang mendaftar tersebut, 78 orang karyawan Group dan 172 adalah masyarakat umum. Sebelumnya, juga pernah melakukan kegiatan donor plasma konvalesen pada November 2020 lalu. Kegiatan ini diharapkan dapat menyelamatkan masyarakat banyak yang positif Covid-19 yang tengah berjuang untuk sembuh.

Kepala PMI UDD Kota Surabaya dr. Budi Arifah menyebut, pihaknya setiap hari menerima minimal 75 permintaan plasma konvalesen. Permintaan yang tinggi tersebut tidak sebanding dengan jumlah plasma yang dapat dikumpulkan dari sejumlah penyintas Covid-19 yang berinisiatif melakukan donor plasma.

"Juga karena persyaratan untuk donor seperti pernah terkonfirmasi positif Covid-19, bebas keluhan minimal 14-28 hari, berusia 17-60 tahun dengan berat badan lebih dari 55 kg, dan memiliki kadar antibodi dan total liter antibodi igG spesifik Covid-19," kata dr. Budi.

Dia menegaskan jika jumlah plasma tidak sebanding dengan permintaan. "Kami mengimbau kepada para penyintas untuk melakukan donor plasma karena sangat dibutuhkan bagi para penderita Covid-19 utamanya mereka yang bergejala sedang hingga berat,” jelasnya.

Salah satu penyintas Covid-19 yang juga Karyawan Listiyo Arifianto mengatakan bahwa dirinya terketuk untuk membantu sesama. Sebagai mantan penderita Covid-19 sudah merasakan rasanya terinfeksi virus tersebut. Diharapkan, plasma yang dia donorkan dapat menambah rasio kesembuhan mereka yang saat ini sedang terinfeksi Covid-19.

“Semoga plasma konvalesen yang saya donorkan dapat membantu dan memberikan manfaat bagi sesama dan semoga pandemi ini segera dapat diatasi,” katanya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO