Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, UTD PMI Bojonegoro Pastikan Stok Plasma Konvalesen Aman

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, UTD PMI Bojonegoro Pastikan Stok Plasma Konvalesen Aman Sejumlah warga pondok pesantren saat mendonorkan darahnya.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bojonegoro terus berupaya memperbanyak stok plasma konvalesen (PK) sebagai langkah antisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19. Saat ini, stok PK tergolong aman dan mencukupi kebutuhan.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Bojonegoro, Imam Sutrisno, mengatakan bahwa stok PK yang tersedia mencapai 109 kantong. Rinciannya, golongan darah A:23, B:52, O:26, dan AB:8.

"Untuk November, sampai saat ini tidak ada pendonor, namun ada 2 permintaan plasma untuk pasien yang masih terpapar," ujarnya, Jumat (3/12).

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19, atau yang saat ini ramai diperbincangkan Covid-19 gelombang ketiga bernama Corona Omicron, jumlah stok plasma konvalesen yang ada di UTD PMI Bojonegoro bisa dibilang aman. Menurut Imam, UTD PMI Bojonegoro terus bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah untuk mendatangkan pendonor-pendonor baru.

"Meski begitu, semoga saja tidak ada gelombang 3 covid-19 di Kabupaten Bojonegoro," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...