Berada di Area Terbuka di Madiun, ​Khofifah Resmikan RS Lapangan Joglo untuk Pasien Covid-19

Berada di Area Terbuka di Madiun, ​Khofifah Resmikan RS Lapangan Joglo untuk Pasien Covid-19  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas burung saat meresmikan RS Lapangan Joglo Dungus Madiun yang berada area terbuka dan sejuk di Desa Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Rabu (3/2/2021). foto: ist/ bangsaonline.com

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa terus berusaha memperluas pelayanan rujukan pasien dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Mataraman.

Hari ini, Rabu (3/2), Gubernur meresmikan yang berada di Desa Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten.

Dulu Rumah sakit ini bekas sanatorium atau tempat rehabilitasi bagi pasien Tuberkulosis (TBC) yang kemudian direhab dan direnovasi. Berlokasi di area terbuka, RS ini memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi pepohonan yang rimbun.

RS Lapangan Joglo Dungus ini memiliki 150 tempat tidur (bed) yang di antaranya terdiri dari ruang perawatan dengan hepafilter, 5 unit joglo, 3 rumah limasan, serta ruang High Care Unit (HCU) yang mampu menampung 7 bed.

Adapula fasilitas pendukung seperti command center, ruang radiologi, laboratorium, poliklinik, area jogging track, mushola untuk putra dan putri, serta tempat relaksasi. Bangunan joglo ini terpisah dari bangunan bagi pasien umum, dan tiap unit terdapat hepafilter sehingga mengurangi rusiko penularan .

Dengan diresmikannya ini, Gubernur berharap mampu memberikan pelayanan percepatan kesembuhan bagi pasien . Tidak hanya di Kabupaten maupun Kota, namun juga wilayah Mataraman seperti Nganjuk, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Magetan dan sekitarnya.

Dengan lokasi yang berada di area alam terbuka dan udara yang sejuk, berharap suasana ini mampu memberikan terapi psikologis yang membuat pasien lebih tenang dan bahagia. Sehingga imunitas mereka meningkat dan cepat sembuh.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO