Pasokan Menurun, Harga Sejumlah Ikan Naik

Pasokan Menurun, Harga Sejumlah Ikan Naik Kepala UPT Pasar Ikan Lamongan, Imam Hambali.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kepala UPT Pasar Ikan Kabupaten Lamongan, Imam Hambali mengatakan saat ini mengalami kenaikan, namun tidak signifikan. Secara umum, kata dia, baik ikan tambak maupun ikan laut saat ini tergolong stabil.

"Kalaupun ada kenaikan tidak signifikan, hanya karena faktor iklim," ujar Imam Hambali, Kamis (4/2).

"Kalau pandemi Covid-19 tidak terlalu berefek. Justru perubahan iklim yang tak menentu inilah yang mempengaruhi, karena membuat suplai ikan berkurang," terangnya

Karena itu, lanjut Imam, musim hujan seperti ini membuat petani di Lamongan lebih semangat karena otomatis akan naik. Petani termotivasi untuk menggenjot produksi ikan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

"Sekarang kan musim hujan, insya Allah dua bulan ke depan pasokan kita pasti akan bertambah hingga diprediksi terjadi lonjakan pasokan, karena Lamongan kan tambak budidaya ikannya tadah hujan," paparnya.

Adapun tawar seperti Bandeng saat ini Rp 12.000 hingga Rp 20.000 per kilogram di tingkatan pengepul. Sementara di tingkatan eceran Rp 15.000 sampai Rp 24.000.

Untuk ikan Mujair, Tombro, Udang, Bader, dan Lele harganya bervariasi mulai Rp 22.000 sampai Rp 55.000 per kilogram di tingkat pengecer dan pengepul.

Sedangkan untuk air laut seperti Tongkol, Cumi, Kuniran, Bawal, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 33.000 per kilogram di tingkatan pengecer dan pengepul. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO