Rabu, 16 Juni 2021 15:32

​PDOI Jatim Respons Positif Driver Online Masuk Daftar Penerima Vaksinasi Tahap Kedua

Jumat, 12 Februari 2021 18:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​PDOI Jatim Respons Positif Driver Online Masuk Daftar Penerima Vaksinasi Tahap Kedua
Daniel Lukas Rorong, Humas PDOI Jawa Timur. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Indonesia terus berupaya mengatasi pandemi virus Corona. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah vaksinasi.

Setelah para tenaga kesehatan, vaksinasi tahap kedua pada Maret 2021 akan diberikan untuk pelayan publik, aparat TNI-Polri, hingga masyarakat umum.

Kabar baiknya, driver online juga masuk dalam daftar prioritas penerima vaksin tahap kedua. Tentu saja, rencana tersebut direspons positif oleh Perhimpunan Driver Online Indonesia (PDOI) Jawa Timur.

Menurut Daniel Lukas Rorong, Humas PDOI Jawa Timur, langkah yang dilakukan pemerintah tersebut sudah sangat tepat.

BACA JUGA : 

Beri Rasa Aman, Gojek Tekankan Vaksinasi Mitra Driver

Jatim Cetak Tren Vaksinasi Tertinggi se-Indonesia ​dalam Program 'Serbuan Vaksinasi'

Tak Terima Dikatakan Pekerjaan Rendahan, Pengemudi Ojol di Kediri Laporkan Akun Instagram ke Polisi

DPRD Jatim Ingatkan Ledakan Covid-19 di Bangkalan Bisa Merembet ke Surabaya

"Tanpa mengesampingkan profesi lainnya, tapi mengingat mobilitas yang tinggi, driver online juga rawan tertular dan menularkan virus Corona. Apalagi orang tanpa gejala (OTG) kini mendominasi kasus positif," kata Daniel, Jumat (12/2/2021).

Untuk itu, Daniel berharap agar data siapa saja driver online yang masuk dalam daftar penerima vaksin tahap kedua bisa segera disosialisasikan.

Daniel juga mengimbau pada rekan-rekan driver online agar bersedia dan tidak menolak jika namanya masuk dalam daftar.

"Dapatkan informasi mengenai program ini hanya dari sumber tepercaya dan berwenang. Sehingga program vaksinasi ini diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan dapat menekan penyebaran COVID-19 serta mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Indonesia," harap Daniel, salah satu penggugat Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108/2017 yang dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA).

Diakui oleh Daniel, selama masa pandemi Covid-19, pendapatan driver online menurun drastis. Penurunan penghasilan driver online bisa mencapai 50-70 persen.

“Misal, untuk ojol, yang biasanya sehari bisa mendapatkan penghasilan Rp 100 ribu-200 ribu, sekarang hanya bisa membawa pulang uang sebesar Rp 50 ribu-150 ribu. Bahkan, tak sedikit yang hanya memperoleh penghasilan sebesar Rp 30 ribu-50 ribu. Tentu saja, penghasilan segitu tidak cukup bagi mereka yang sudah berkeluarga dan punya anak," ungkap Daniel.

Sekadar diketahui, Kementerian Kesehatan tengah mematangkan pendataan vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi petugas pelayanan publik yang dijadwalkan berlangsung Maret 2021.

Dari target 18,5 juta orang sasaran vaksinasi tahap kedua, 1.251.866 di antaranya adalah driver online. (mdr/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...