Kamis, 25 Februari 2021 20:04

​Dr Jalaluddin Rakhmat Wafat, dari Keluarga NU, Jadi Tokoh Muhammadiyah, Lalu Pemimpin Syiah

Senin, 15 Februari 2021 20:54 WIB
Editor: MMA
​Dr Jalaluddin Rakhmat Wafat, dari Keluarga NU, Jadi Tokoh Muhammadiyah, Lalu Pemimpin Syiah
Dr Jalaluddin Rakhmat. Foto: bbc

BANDUNG, BANGSAONLINE.com – Cendekiawan muslim Prof. Dr. Jalaluddin Rakhmat wafat di Rumah Sakit Santosa Bandung, Senin (15/2/2021). Kang Jalal – panggilan akrab pakar komunikasi itu - wafat dalam usia 72 tahun. Sebelumnya, empat hari yang lalu, 11 Februari 2021, istrinya juga wafat.

Sebagai akademisi dan intelektual, Kang Jalal sangat produktif. Ia banyak menulis buku tentang ilmu komunikasi dan Islam. Salah satu buku popular karya Kang Jalal adalah Psikologi Komunikasi. Buku ini menjadi mata kuliah di semua fakultas komunikasi perguruan tinggi Indonesia. Karena itu buku yang ditulis pada 1965 sepulang dari Iowa University Amerika Serikat (AS) itu mengalami cetak ulang berkali-kali.

Kang Jalal juga banyak menulis tentang agama Islam, terutama di media massa. Kumpulan tulisannya, di antaranya dibukukan dalam “Islam Aktual, Refleksi Sosial Seorang Cendekiawan Muslim”.

Yang menarik, Kang Jalal lahir dari keluarga NU. Tapi saat kuliah di Fakultas Publisistik Unversitas Padjadjaran Bandung, ia mengikuti pengkaderan di Muhammadiyah. Ia pun menjadi aktivis dan pengurus Muhammadiyah Kota Bandung, di samping dosen di Unpad.

Saat menjadi aktivis Muhammadiyah itulah Kang Jalal dikenal sangat militan. Ia mengaku banyak sekali me-muhammadiyah-kan masjid NU.

Namun ia kemudian mengaku hanya menjadi pejuang Muhammadiyah, bukan pejuang Islam. Ia lalu tertarik pada ilmu tasawuf. Ia juga banyak mengkaji pemikiran cendekiawan Syiah. Terutama pemikiran Murthadha Mutthahari, cendekiawan Iran. Saking fanatiknya, ia bahkan mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Muthahari di Jalan Kampus II Babakansari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung.

Dalam perkembangannya, Kang Jalal menjadi tokoh Syiah di Indonesia. Pada tahun 2000 ia mendirikan Ikatan Jemaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI).

Setelah tak mengajar di Unpad, Kang Jalal aktif dalam politik. Obsesi Kang Jalal memperjuangkan Syiah di Indonesia. Ia menjadi caleg dari PDIP. Ia terpilih sebagai anggota DPR RI. Ia pun menjadi anggota Komisi VIII DPR RI yang membidangi agama dan sosial. Ia berjuang dan membela hak-hak penganut agama minoritas di Indonesia. (mma) 

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...