Petugas Rutan Medaeng Gagalkan Penyelundupan Narkotika dalam Perut Ikan Mujair

Petugas Rutan Medaeng Gagalkan Penyelundupan Narkotika dalam Perut Ikan Mujair Hendra Afkar (jaket oranye).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Berbagai modus operandi dilakukan guna menyelundupkan narkotika ke dalam lapas/rutan. Terbaru, petugas mengamankan Hendra Afkar (26) Warga Gubeng Klingsingan Surabaya, yang berupaya menyelundupkan narkotika ke Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng melalui perut , Jumat (19/2/2021).

Sekitar pukul 09.00, Hendra Afkar memanfaatkan layanan penitipan barang drive thru. Pria yang berdomisili di Surabaya itu diminta menunggu sampai barang selesai diperiksa petugas. Hendra Afkar mengaku sebagai keponakan HBR, seorang tahanan kasus penyalahgunaan narkotika.

“Saat itu, Hendra Afkar menitipkan makanan dan obat-obatan untuk tahanan kami bernama HBR,” cetus Kepala Pengamanan Deri Prihandoko.

Sesuai SOP yang berlaku, petugas rutan yang melayani penitipan barang memindahkan barang yang dititipkan ke kantong plastik transparan. Petugas melakukan penggeledahan makanan yang dititipkan. Yaitu tujuh ekor ikan pepes mujaer. Hmmm, sedap.

Tak mau terlena dengan kesedapannya, petugas yang saat itu berada di tempat pelayanan drive thru, langsung memeriksa makanan tersebut. Pria jebolan AKIP Angkatan 42 ini pun turun tangan sendiri menggeledah setiap ikan mujair yang ada.

HA (Hendra Afkar) ini menunjukkan gelagat yang mencurigakan saat kami memindahkan makanan ke dalam plastik, kami langsung ambil tindakan,” ujar Deri.

Kecuriagaan para petugas terbukti. Saat membuka perut ikan pertama, terdapat serbuk kristal putih yang dibungkus kertas. Kertas tersebut dipilin sehingga mirip rokok lintingan. Nah, di dalamnya terdapat serbuk kristal putih yang dibungkus plastik klip. Hal yang sama juga ditemukan saat petugas membedah ikan-ikan selanjutnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO