Sabtu, 08 Mei 2021 20:37

​Relawan Gusdurian Mojokutho Kediri Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Banjir Besowo

Minggu, 14 Maret 2021 10:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Relawan Gusdurian Mojokutho Kediri Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Banjir Besowo
Relawan Gusdurian Mojokutho saat mengisi air bersih untuk selanjutnya dikirim ke daerah bencana banjir di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Relawan Gusdurian Mojokutho, Pare, Kabupaten Kediri terus melaksanakan bakti sosial dengan mengirimkan bantuan air bersih kepada warga terdampak banjir di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Antok Beler, Koordinator Relawan Gusdurian Mojokutho menjelaskan bahwa sejak terjadi banjir bandang pada akhir bulan Januari 2021 lalu yang merusakkan tandon air di Desa Besowo, Relawan Gusdurian Mojokutho sudah beberapa kali mengirimkan bantuan air bersih.

"Yang terakhir, kami mengirim sekitar 4.000 liter air bersih di Dusun Sidodadi dan Dusun Besowo Timur, Desa Besowo, hari Sabtu (13/3/2021) kemarin," kata Antok Beler, Minggu (14/3/2021).

Menurut Antok, Relawan Gusdurian Mojokutho akan mengirimkan air bersih berikutnya ke Desa Besowo pada hari Selasa depan. "Gusdurian Peduli akan tetap bergerak dalam pendistribusian air bersih, sampai kebutuhan air bersih warga Desa Besowo bisa terpenuhi," imbuh Antok.

BACA JUGA : 

Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional

Sambangi Penyandang Disabilitas, Wali Kota Kediri Pastikan ODK Terima Bantuan

Pastikan PPKM Mikro Jelang Lebaran Lancar, Pemkot Kediri Terima Kunjungan BNPB Pusat

Dirikan Pos Pam, Polres Kediri Kota Siap Putar Balikkan Warga yang Nekat Mudik

Sebelumnya, Relawan Gusdurian Mojokutho juga telah mengirimkan bantuan air bersih dan nasi bungkus kepada warga terdampak bencana banjir khususnya di Dusun Krajan Desa Besowo.

Seperti diketahui, warga di Lereng Gunung Kelud, tepatnya di Desa Besowo, Kecamatan Kepung kesulitan air bersih lantaran tandon penampungan air bersih rusak akibat diterjang banjir di awal bulan Januari 2021 lalu.

Rusaknya penampungan air bersih dan saluran air di wilayah tersebut mengakibatkan ribuan warga mengalami krisis air bersih. Kerusakan saluran tersebut dipicu faktor alam, yakni material sungai di Lereng Gunung Kelud menyumbat saluran air yang biasa digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

Saluran air yang menghubungkan ke bak penampungan tersebut mengalami rusak parah di sisi sebelah timur hingga tidak bisa digunakan lagi. Dampaknya, 6 dusun di Desa Besowo mengalami kesulitan air bersih. Sekitar 6.000 warga Desa Besowo sekarang hanya menggantungkan pasokan air dari BPBD Kabupaten Kediri dan PDAM. (uji/zar)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...