Sabtu, 08 Mei 2021 21:12

Peduli Budaya, BHS Terima Penghargaan Prasasti Aksara Jawa​

Selasa, 16 Maret 2021 18:08 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mustain
Peduli Budaya, BHS Terima Penghargaan Prasasti Aksara Jawa​
PEDULI: Bambang Haryo Soekartono (BHS) menerima Prasasti Aksara Jawa, Selasa (16/3/2021). (foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kepedulian Mantan Anggota DPR RI Periode 2014-2019 Bambang Haryo Soekartono (BHS) terhadap kebudayaan diapresiasi oleh Paguyuban dan Pelestari Aksara Jawa Jatim (Jawa Timur).

Organisasi yang berupaya melestarikan aksara Jawa ini memberikan penghargaan berupa Prasasti Aksara Jawa kepada BHS, di Media Center BHS, Jl. Diponegoro, Sidoarjo, Selasa (16/3/2021).

Penghargaan tersebut diberikan dalam sebuah acara sederhana dengan peserta sangat terbatas. "Prasasti Aksara Jawa ini kami berikan ke Pak Bambang (BHS) sebagai bentuk apresiasi atas kepeduliannya terhadap budaya dan ikut mendukung pelestarian aksara Jawa," cetus Ketua Paguyuban dan Pelestari Aksara Jawa Jatim Bagus Heri Setyadji.

Kata Empu Bagus, panggilan Bagus Heri Setyadji, BHS juga mendukung upaya melestarikan aksara Jawa. Kata Empu Bagus, aksara merupakan salah satu cikal bakal martabat bangsa. "Bangsa yang besar itu salah satunya dia pasti memiliki aksara," ungkap Empu Bagus.

BACA JUGA : 

Dharma Lautan Utama Distribusikan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Lumajang

Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan

Cegah Kecelakaan Maut, BHS Minta Semua Perlintasan KA di Sidoarjo Dilengkapi Sirine

Jelang Lebaran, BHS Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Harga 11 Komoditas Pangan

Dijelaskan Empu Bagus, Prasasti Aksara Jawa yang diberikan ke BHS merupakan karya pertama yang dihasilkan. Dia bahkan menyebut prasasti itu merupakan karya masterpiece. "Kebetulan (prasasti) ini karya saya sendiri," tandas Empu Bagus.

Sementara itu, BHS menyatakan dukungannya terhadap upaya melestarikan tulisan aksara Jawa (Honocoroko), yang diharapkan bisa lebih dikenal dan dibudayakan di masyarakat. "Masyarakat yang cinta budaya tentu masyarakat yang maju. Dan turis mancanegara mau datang ke Indonesia ya karena budayanya banyak dan lengkap," cetus BHS.

BHS pun berharap masyarakat Jatim dan Sidoarjo ikut mendukung upaya melestarikan aksara Jawa. BHS juga memberikan apresiasi terhadap Paguyuban dan Pelestari Aksara Jawa Jatim yang baru meraih penghargaan dengan memecahkan rekor menulis aksara Jawa terpanjang, 21 meter. "Ini merupakan sebuah kebanggaan," tandas Owner PT Dharma Lautan Utama (DLU) Grup ini.

Dijelaskan BHS, Sidoarjo merupakan pusat kebudayaan karena keberadaan Kerajaan Majapahit. Di Sidoarjo terdapat banyak tarian, seni ludruk, dan ketoprak. Jumlah seni budaya di Sidoarjo itu bisa jadi menjadi terbanyak di Jatim. "Jadi ini harusnya yang kita berdayakan termasuk tarian-tarian asal Sidoarjo," jlentreh Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra itu.

Dalam acara penyerahan Prasasti Aksara Jawa ini, juga disuguhkan Tarian Garuda Nusantara, yang dibawakan langsung oleh Ketua Paguyuban Kawula Kraton Surakarta (Pakasa) Cabang Sidoarjo Rizky Miswarani Utami. (sta/zar)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...