Dapur Warga Bulurejo Gresik Ambrol Tergerus Luapan Kali Lamong

Dapur Warga Bulurejo Gresik Ambrol Tergerus Luapan Kali Lamong Kondisi bangunan bagian dapur milik warga Bulurejo, Benjeng yang ambrol tergerus luapan anak Kali Lamong. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Camat Benjeng Suryo Wibowo mengungkapkan bahwa luapan anak Kali Lamong yang beberapa kali merendam sejumlah desa di Kecamatan Benjeng, membuat salah satu bagian bangunan rumah warganya yang berdiri di bibir kali ambrol.

"Jadi benar. Bagian dapur rumah warga kami yang berada persis di bibir anak Kali Lamong ambrol," ungkap Suryo Wibowo kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (17/3/2021).

Menurut Suryo, bangunan dapur rumah yang ambrol itu berada di Desa Bulurejo RT 01 RW 01. Bangunan dapur yang ambrol lantas ambruk usai tergerus derasnya air dari luapan anak Kali Lamong. "Kejadiannya pada Selasa (16/3/2021), sekitar pukul 23.00 WIB," ungkapnya.

Suryo mengungkapkan, posisi bangunan yang ambruk itu kebetulan berada di bantaran anak Kali Lamong. "Pada saat kejadian kondisi air saat itu arusnya memang sedang deras," jelas mantan kabag humas ini.

Dikatakan Suryo, pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait. "Ini secepatnya kita laporkan," tegasnya.

Sementara Kepala Desa Bulurejo, Imam Shofwan berharap Pemerintah Pusat, Provinsi Jatim, dan Kabupaten Gresik segera menuntaskan persoalan Kali Lamong yang terus meluap dan membanjiri desa-desa sekitar.

"Warga kami selalu mempertanyakan kapan normaliasai kali Lamong, kapan pemerintah membangun tanggul agar gak meluap," katanya.

Menurut dia, banjir luapan Kali Lamong yang terjadi berpuluh tahun setiap musim penghujan telah menimbulkan korban. Baik materiil seperti sawah, tambak terendam, sehingga gagal panen, maupun korban jiwa. "Semoga cepat teratasi," harapnya.

Dia juga berharap, pemerintah dalam normalisasi nantinya bisa memprioritaskan plengsengan anak sungai Kali Lamong di desanya yang berbatasan langsung dengan rumah warga. Sebab, kondisinya sangat mengkhawatirkan. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO