Tak Dilibatkan Bimtek Peningkatan SDM, Anggota BPD di Gresik Protes

Tak Dilibatkan Bimtek Peningkatan SDM, Anggota BPD di Gresik Protes Ketua AKD, dan para kepala desa bersama perwakilan DPMD Gresik saat rapat membahas kegiatan bimtek, beberapa waktu lalu. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Badan Permusyawatan Desa (BPD) di Kabupaten protes karena tak dilibatkan pada kegiatan bimbingan teknik (bimtek) peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa atau SDM (sumber daya manusia). Kegiatan itu digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten , mulai 29 Maret 2021 di Hotel Aston Inn, GKB.

"Selaku BPD kami kecewa lantaran tak semua dilibatkan dalam bimtek tersebut. Padahal, bimtek itu memakai anggaran desa," ucap Ketua BPD Banjarsari Kecamatan Cerme, Suhartono, Minggu (21/3/2021).

Suhartono mengungkapkan bimtek tersebut menelan anggaran puluhan juta untuk masing-masing desa yang bersumber dari ADD, PADes, dan bagi hasil pajak (BHP). "Jadi, bimtek tersebut hanya diikuti oleh 3 orang perwakilan masing-masing desa, yakni kepala desa, sekretaris desa dan ketua BPD," ungkapnya.

"Padahal mengacu Perda Nomor 12 tahun 2018 Pasal 65 menyebutkan pemerintah daerah wajib menyelenggarakan peningkatan kapasitas anggota BPD dengan beban APBD dan pemerintah desa wajib menyelenggarakan peningkatan kapasitas anggota BPD dengan beban APBDes. Dari situ sudah dapat disimpulkan bahwa seluruh anggota BPD berhak mendapat pelatihan bimtek," sambungnya.

Senada diungkapkan oleh anggota BPD di Kecamatan Bungah, Supeno. Ia menyayangkan kegiatan bimtek hanya diikuti ketua BPD. "Padahal anggota BPD itu perlu bimtek keseluruhan, agar mengerti tentang tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kerjanya di masing-masing anggota. Ini kok malah hanya ketuanya saja yang dilibatkan," cetusnya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua II DPC Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Abdullah Hanif mengatakan perencanaan bimtek ini tidak pernah melibatkan Abpednas. Untuk itu pihaknya akan menemui Kadis DPMD Kabupaten untuk meminta keterangan.

"Intinya seluruh BPD se-Kabupaten sangat kecewa dengan acara bimtek yang akan dilakukan. Karena dengan anggaran sebesar itu kenapa hanya ketua BPD saja yang dibimtek. Padahal seluruh anggota BPD perlu untuk ditingkatkan SDM-nya," katanya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO