Kamis, 15 April 2021 03:28

​Imigrasi Blitar Deportasi WNA Taiwan, Asalnya WNI Tulungagung

Kamis, 25 Maret 2021 09:47 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Akina Nur Alana
​Imigrasi Blitar Deportasi WNA Taiwan, Asalnya WNI Tulungagung
Chang Ti Na (tengah). foto: ist.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang warga negara asing (WNA) asal Taiwan dideportasi Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar. Wanita bernama Chang Ti Na itu dideportasi karena melanggar masalah administratif keimigrasian.

Dia dikenakan tindakan administratif keimigrasian karena telah melanggar pasal 78 ayat (3) UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, yakni orang asing pemegang izin tinggal yang telah habis masa berlakunya dan masih berada dalam wilayah Indonesia lebih dari 60 hari dari batas waktu izin tinggalnya.

"Kantor imigrasi Blitar mendapatkan informasi dari pihak The Taipei Economic and Trade Office (TETO) Surabaya terkait keberadaan warga negara Taiwan yang tinggal di Indonesia yang telah melebihi izin tinggal yang telah diberikan dan ditindaklanjuti dengan pengawasan di lapangan. Setelah diketahui keberadaannya, yang bersangkutan dibawa ke kantor imigrasi dan dilakukan pendetensian dan pendeportasian," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar Murdo Danang Laksono, Kamis (25/3/2021).

Chang Ti Na dulunya adalah WNI yang tinggal di Kecamatan Besuki, Tulungagung. Namun ia merantau ke Taiwan dan menikah hingga memutuskan mengubah kewarganegaraannya.

BACA JUGA : 

Densus 88 Mabes Polri Kembali Menangkap Dua Terduga Teroris di Jatim

Target Tiongkok, Tahun 2035 Jadi Negara No. 1, Kini Putuskan Bangun Tol 150 Km

Raih Penghargaan Nasional, Kabupaten Madiun dan Tulungagung Tercepat Penyaluran Dana Desa 2021

​Mobil Ambulans RSUD dr Iskak Tulungagung Tabrak Pemotor di Selopuro Blitar, 2 Luka Ringan

Chang Ti Na dulunya adalah WNI yang tinggal di Kecamatan Besuki, Tulungagung. Namun ia merantau ke Taiwan dan menikah hingga memutuskan mengubah kewarganegaraannya.

Dia kemudian datang untuk mengunjungi keluarganya. Yang bersangkutan menggunakan visa bebas kunjungan dengan batas 30 hari. "Dia pulang untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarganya," imbuhnya.

Dia menambahkan, Tim Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar mendampingi yang bersangkutan menuju ke Bandar Udara Juanda, Surabaya untuk penerbangan ke Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, petugas berkoordinasi dengan pihak maskapai dan petugas Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta untuk menyelesaikan proses administrasi pendeportasian. Selanjutnya WNA dengan kewarganegaraan Taiwan, Chang Ti Na tersebut diberangkatkan menggunakan pesawat China Airlines CI762. (ina)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...