Minggu, 09 Mei 2021 09:13

​Kampung 1001 Malam, Hunian yang Terbelah Sungai Kolong Tol, Terima Nasi Kotak dari Ikapete

Jumat, 26 Maret 2021 14:07 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Nanang Fachrurozi
​Kampung 1001 Malam, Hunian yang Terbelah Sungai Kolong Tol, Terima Nasi Kotak dari Ikapete
Ikapete saat kegiatan sosial IJAB di kampung 1001 malam.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete) Surabaya blusukan membagikan nasi kotak ke puluhan rumah di bawah kolong jembatan Tol Waru - Tanjung Perak, tepatnya di Kampung 1001 Malam di kawasan Lasem Baru, Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan.

Kegiatan bertema 'IJAB' (Ikapete Jumat Berkah) itu merupakan rutinitas para Alumni Pesantren Tebuireng yang digelar setiap hari Jumat.

"Kebetulan hari ini kami di kampung 1001 malam, ya ala kadarnya mas untuk saudara-saudara kita. Kami berharap, apa yang kita berikan ini paling tidak bisa membuat saudara-saudara kita bisa tersenyum," ujar Anita HS, Koordinator dan Bendahara Ikapete Cabang Surabaya, Jumat (26/3/2021) pada BANGSAONLINE.com saat keliling di sepanjang kampung kumuh di bawah kolong jembatan.

"Kami juga berterima kasih kepada teman-teman Ikapete yang komit dan peduli pada persoalan-persoalan sosial, dari satu kampung ke kampung lain dan tetap solid untuk membangun silaturahmi," terang wanita berhijab ini.

BACA JUGA : 

PSEL Benowo Jadi Pilot Project Nasional

Meski Masih Masa Pandemi, Tren Penjualan Mobil Naik Jelang Idulfitri

Peringatan Nuzulul Quran, PCNU Surabaya Launching HBNO TV

Bersama Melvin Tenggara, Wali Kota Eri Ajak Pengusaha Muda Nikmati Kuliner UMKM Surabaya

Kegiatan sosial Ikapete ini disambut baik oleh Sri Purwanti, Ketua RT Kampung 1001 malam yang mengarahkan dan mendampingi Ikapete berkeliling memberikan donasi dan nasi kotak ke rumah-rumah.

"Semoga kegiatan yang sudah dilakukan teman-teman ikapete ini bisa menular ke para sukarelawan lain dan saya berterima kasih atas kunjungan dan bantuannya," pungkasnya.

Sekadar diketahui, di Kampung 1001 Malam terdapat sejumlah keluarga yang tinggal di kolong jembatan tol. Baik di sisi kanan maupun kiri sungai. Untuk menuju lokasi harus menggunakan perahu tambang. Warga menempati kolong jembatan tol dan Kampung 1001 Malam itu sejak Tahun 1999.

Dari informasi yang diperoleh, Kampung 1001 malam terdapat 175 kepala keluarga (KK). Wilayah ini masuk dalam kawasan Lasem Baru, Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan atau yang biasa dikenal kawasan Jalan Tambak Asri. (nf/ns)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...