Wayang Kulit dan Arakan Tujuh Tumpeng Warnai Gelaran Ruwah Desa Sebani Sidoarjo

Wayang Kulit dan Arakan Tujuh Tumpeng Warnai Gelaran Ruwah Desa Sebani Sidoarjo Kades Sebani Krustiyanto menyerahkan gunungan kepada Dalang Ki Susilo Wibowo, tanda pagelaran wayang kulit dimulai.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Sebani, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo setiap tahun selalu melaksanakan Ruwah Desa atau Sedekah Bumi. Acara itu sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan keselamatan warga Sebani dan sekaligus nguri-uri budaya leluhur.

Acara yang dilaksanakan pada Jumat (26/3/20201) ini begitu khidmat dan sakral, namun tetap sesuai prokes Covid-19. Diawali istigasah di malam hari dan di pagi dilanjutkan dengan arakan tujuh tumpeng yang kemudian dibagi di tujuh penjuru desa.

Kemudian dilanjut dengan pertunjukan Tari Remo yang diperagakan oleh penari lokal. Di acara inti dilaksanakan pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Susilo Wibowo dari Tarik.

Kepala Desa Sebani Krustiyanto kepada wartawan menjelaskan, acara Ruwah Desa Sebani itu bertujuan untuk uri-uri budaya leluhur. Harapannya, dapat mempersatukan segenap elemen masyarakat desa yang beberapa waktu lalu mengikuti pesta demokrasi pemilihan kepala desa.

"Sekarang disatukan berbarengan dengan acara yang juga dihadiri segenap elemen, lembaga Desa Sebani, tokoh masyarakat desa, dan segenap masyarakat dengan guyub rukun bahu-membahu bergotong-royong membangun Desa Sebani," jelasnya.

"Kita akan terus melaksanakan acara seperti ini hingga anak cucu kami kelak, agar memahami tentang adat dan budaya leluhur," sambungnya. 

Acara tersebut dihadiri juga Senadi Harjo, selaku Kepala Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC Sidoarjo. Ia mengaku bangga dengan pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Sidoarjo yang mengadakan ruwat desa dengan uri-uri budaya leluhur.

"Kita sebagai generasi penerus bangsa belajar dan mau mengoreksi diri untuk berbuat lebih baik dari para leluhur. Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat hingga terwujudnya kemajuan pembangunan di masing-masing desa sewilayah Kabupaten Sidoarjo. Agar semakin hari semakin bersemangat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa masing-masing," bebernya. (sda1/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO