Digelar saat Pandemi, Penjaga Stan Pameran UMKM Sidoarjo Wajib Rapid Test

Digelar saat Pandemi, Penjaga Stan Pameran UMKM Sidoarjo Wajib Rapid Test LIHAT PRODUK: Wabup Subandi saat membuka Pameran UMKM, di Mal Sun City, Jumat (26/3/2021) sore. foto istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di area parkir Mal Suncity Sidoarjo, 26-28 Maret 2021.

Ada 30 stan pameran yang diisi 125 pelaku UMKM dari 18 kecamatan se-Sidoarjo. Selain itu, pameran juga menyediakan stan bagi penyandang disabilitas untuk memajang produknya, serta stan tanaman bonsai.

Pameran UMKM ini dibuka resmi oleh Wabup Sidoarjo Subandi, Jumat (26/3/2021) sore. "Pameran ini untuk membangkitman pelaku ," cetus Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi, dalam rilis, Sabtu (27/3/2021).

Kata Edi Kurniadi, pandemi Covid-19 benar-benar memukul para pelaku UMKM. Tidak ada geliat pameran sebagai ajang promosi selama pandemi ini. Hal tersebut membuat kondisi perekonomian para pelaku UMKM sangat terpuruk.

Oleh karenanya dia memberanikan diri menggelar pameran seperti ini dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ketat. "Seluruh penjaga stan pameran dilakukan rapid tes. Tempat cuci tangan maupun hand sanitizer juga ditempatkan di berbagai titik," beber Edi Kurniadi.

Ditambahkan Edi Kurniadi, pameran produk UMKM ini juga untuk mendukung Program 20 ribu UMKM Naik Kelas, salah satu program Bupati Ahmad Muhdlor-Wabup Subandi. "Dalam rangka mensukseskan program 20 ribu UMKM naik kelas, kami juga membentuk forum koordinator kecamatan," bebernya.

Sementara itu, Wabup Sidoarjo Subandi mengapresiasi ini. Sebab akan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Sidoarjo di tengah pandemi Covid-19. "Dengan adanya pandemi, kegiatan seperti ini akan memulihkan ekonomi. Kita akan dukung program-program seperti ini," ucapnya.

Wabup juga meminta tidak terpusat di satu lokasi. Namun dilakukan di setiap kecamatan atau bahkan setiap desa. Wabup juga menyatakan bakal mendukung geliat UMKM dengan dukungan permodalan, melalui pinjaman modal dari BPR Delta Artha, dengan bunga 3 persen setahun.

Pameran UMKM ini diisi berbagai kegiatan. Ada talkshow seputar UMKM, lomba menghias tumpeng dan barista coffe kekinian di pameran yang berakhir pada Minggu besok tersebut. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO