Minggu, 01 Agustus 2021 04:57

Digelar saat Pandemi, Penjaga Stan Pameran UMKM Sidoarjo Wajib Rapid Test

Sabtu, 27 Maret 2021 12:05 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Mustain
Digelar saat Pandemi, Penjaga Stan Pameran UMKM Sidoarjo Wajib Rapid Test
LIHAT PRODUK: Wabup Subandi saat membuka Pameran UMKM, di Mal Sun City, Jumat (26/3/2021) sore. foto istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di area parkir Mal Suncity Sidoarjo, 26-28 Maret 2021.

Ada 30 stan pameran yang diisi 125 pelaku UMKM dari 18 kecamatan se-Sidoarjo. Selain itu, pameran juga menyediakan stan bagi penyandang disabilitas untuk memajang produknya, serta stan tanaman bonsai.

Pameran UMKM ini dibuka resmi oleh Wabup Sidoarjo Subandi, Jumat (26/3/2021) sore. "Pameran ini untuk membangkitman pelaku UMKM Sidoarjo," cetus Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi, dalam rilis, Sabtu (27/3/2021).

Kata Edi Kurniadi, pandemi Covid-19 benar-benar memukul para pelaku UMKM. Tidak ada geliat pameran sebagai ajang promosi selama pandemi ini. Hal tersebut membuat kondisi perekonomian para pelaku UMKM sangat terpuruk.

BACA JUGA : 

Kejar Target Pendapatan Pajak, BPPD Sidoarjo Bertahap Pasang Alat Perekam Transaksi

Sidak Dapur Umum, DPRD Sidoarjo Minta Warung Makan di Desa Dilibatkan Layani Warga Isoman

Polresta Sidoarjo Bersama Dinkes Gelar Pelatihan Aplikasi Silacak kepada 347 Bhabinkamtibmas

Kebut Pembangunan Frontage Road, Pemkab Sidoarjo Bongkar Puluhan Bangunan di Desa Gedangan

Oleh karenanya dia memberanikan diri menggelar pameran seperti ini dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ketat. "Seluruh penjaga stan pameran dilakukan rapid tes. Tempat cuci tangan maupun hand sanitizer juga ditempatkan di berbagai titik," beber Edi Kurniadi.

Ditambahkan Edi Kurniadi, pameran produk UMKM ini juga untuk mendukung Program 20 ribu UMKM Naik Kelas, salah satu program Bupati Ahmad Muhdlor-Wabup Subandi. "Dalam rangka mensukseskan program 20 ribu UMKM naik kelas, kami juga membentuk forum koordinator kecamatan," bebernya.

Sementara itu, Wabup Sidoarjo Subandi mengapresiasi pameran UMKM ini. Sebab akan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Sidoarjo di tengah pandemi Covid-19. "Dengan adanya pandemi, kegiatan seperti ini akan memulihkan ekonomi. Kita akan dukung program-program seperti ini," ucapnya.

Wabup juga meminta pameran UMKM tidak terpusat di satu lokasi. Namun dilakukan di setiap kecamatan atau bahkan setiap desa. Wabup juga menyatakan bakal mendukung geliat UMKM dengan dukungan permodalan, melalui pinjaman modal dari BPR Delta Artha, dengan bunga 3 persen setahun.

Pameran UMKM ini diisi berbagai kegiatan. Ada talkshow seputar UMKM, lomba menghias tumpeng dan barista coffe kekinian di pameran yang berakhir pada Minggu besok tersebut. (sta/ns)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...