Kamis, 15 April 2021 02:02

Ketua IPSI Tuban: Even Kejuaraan Minimalisir Gesekan Antar Perguruan Silat

Minggu, 28 Maret 2021 21:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Ketua IPSI Tuban: Even Kejuaraan Minimalisir Gesekan Antar Perguruan Silat
Ketua Bidang II IPSI Jawa Timur, Yoyok Setiawan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Banyaknya organisasi pencak silat sering menimbulkan gejolak dan gesekan antar anggota perguruan. Untuk itu, para pesilat diminta selalu menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan persatuan sesama anggota pencak silat.

Hal ini disampaikan Ketua IPSI Tuban, Faisol Rozi. Menurutnya, gejolak yang sering terjadi antar perguruan silat selama ini karena faktor miskomunikasi. Untuk itu pihaknya meminta para pengurus organisasi perguruan supaya lebih mengedepankan upaya persuasif kepada anggotanya masing-masing.

"Kita memberikan penyadaran bersama setiap perguruan selalu menjunjung tinggi rasa kemanusiaan sesuai ikrar IPSI dan menjaga persatuan dan kesatuan bagi insan pesilat," ujar Faisol Rozi kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (28/3/2021).

Dirinya menambahkan, komunikasi dan koordinasi antar perwakilan organisasi yang tergabung dalam IPSI Tuban dapat menjadi jembatan bagi anggota perguruan di tingkat bawah. Sehingga kondusivitas antar perguruan dapat selalu terjaga.

BACA JUGA : 

Buntut Ricuh Antar Perguruan Silat di Tuban, Ketua Panitia Kopdar Ditetapkan Jadi Tersangka

Cegah Aksi Balas Dendam, Polres Tuban Panggil Pimpinan Perguruan Silat

Didukung 10 Perguruan Silat, Yudhi Triawan Nahkoda Baru IPSI Sidoarjo

Arogan di Jalan, Ratusan Anggota Pencak Silat di Tuban Keroyok Perguruan Lain, 3 Orang Luka

Dirinya menambahkan, komunikasi dan koordinasi antar perwakilan organisasi yang tergabung dalam IPSI Tuban dapat menjadi jembatan bagi anggota perguruan di tingkat bawah. Sehingga kondusivitas antar perguruan dapat selalu terjaga.

"Seluruh insan persilatan yang ada di dalam organisasi masing-masing supaya bisa menjaga persatuan dan kesatuan antar perguruan silat. Yang terpenting menjaga koordinasi antar perguruan sehingga tidak terjadi miskomunikasi antar anggota perguruan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bidang II IPSI Jawa Timur, Yoyok Setiawan menjelaskan, masing-masing perguruan memiliki ciri yang berbeda. Namun, jika perbedaan dapat bersatu akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa, karena silat benteng awal perjuangan NKRI di awal kemerdekaan.

"Saya yakin keluarga IPSI nasionalismenya terjaga dan tidak bisa diragukan lagi," ujarnya.

Guna menjaga keutuhan dan kesolidan antar perguruan, pria kelahiran Kecamatan Soko ini mengusulkan agar IPSI Tuban lebih sering melaksanakan event-event yang melibatkan antar perguruan. Dengan begitu gesekan yang terjadi antar perguruan dapat diminimalisir.

"Kita harus sering duduk bersama, berkumpul bersama, dan melakukan event-event kejuaraan yang melibatkan antar perguruan silat. Dengan begitu antar anggota perguruan bisa saling mengenal. Kalau sudah mengenal gesekan itu tidak akan terjadi," pungkasnya. (gun/ian)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...