Minggu, 01 Agustus 2021 03:48

Ketua IPSI Tuban: Even Kejuaraan Minimalisir Gesekan Antar Perguruan Silat

Minggu, 28 Maret 2021 21:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Ketua IPSI Tuban: Even Kejuaraan Minimalisir Gesekan Antar Perguruan Silat
Ketua Bidang II IPSI Jawa Timur, Yoyok Setiawan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Banyaknya organisasi pencak silat sering menimbulkan gejolak dan gesekan antar anggota perguruan. Untuk itu, para pesilat diminta selalu menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan persatuan sesama anggota pencak silat.

Hal ini disampaikan Ketua IPSI Tuban, Faisol Rozi. Menurutnya, gejolak yang sering terjadi antar perguruan silat selama ini karena faktor miskomunikasi. Untuk itu pihaknya meminta para pengurus organisasi perguruan supaya lebih mengedepankan upaya persuasif kepada anggotanya masing-masing.

"Kita memberikan penyadaran bersama setiap perguruan selalu menjunjung tinggi rasa kemanusiaan sesuai ikrar IPSI dan menjaga persatuan dan kesatuan bagi insan pesilat," ujar Faisol Rozi kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (28/3/2021).

Dirinya menambahkan, komunikasi dan koordinasi antar perwakilan organisasi yang tergabung dalam IPSI Tuban dapat menjadi jembatan bagi anggota perguruan di tingkat bawah. Sehingga kondusivitas antar perguruan dapat selalu terjaga.

BACA JUGA : 

Jaga Persatuan, 30 Perguruan Pencak Silat di Jember Gelar Ikrar Persaudaraan

Sarasehan Budaya Kota Madiun, Inginkan Pencak Silat Bisa Membumi

Pendekar PSHT Bersama Warga Kampung Tangguh Desa Sidorejo Sidoarjo Gelar Donor Darah

Rawan Terjadi Gesekan, Polres Tuban Bubarkan Kopdar Komunitas Perguruan Silat dan Amankan Panitia

"Seluruh insan persilatan yang ada di dalam organisasi masing-masing supaya bisa menjaga persatuan dan kesatuan antar perguruan silat. Yang terpenting menjaga koordinasi antar perguruan sehingga tidak terjadi miskomunikasi antar anggota perguruan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bidang II IPSI Jawa Timur, Yoyok Setiawan menjelaskan, masing-masing perguruan memiliki ciri yang berbeda. Namun, jika perbedaan dapat bersatu akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa, karena silat benteng awal perjuangan NKRI di awal kemerdekaan.

"Saya yakin keluarga IPSI nasionalismenya terjaga dan tidak bisa diragukan lagi," ujarnya.

Guna menjaga keutuhan dan kesolidan antar perguruan, pria kelahiran Kecamatan Soko ini mengusulkan agar IPSI Tuban lebih sering melaksanakan event-event yang melibatkan antar perguruan. Dengan begitu gesekan yang terjadi antar perguruan dapat diminimalisir.

"Kita harus sering duduk bersama, berkumpul bersama, dan melakukan event-event kejuaraan yang melibatkan antar perguruan silat. Dengan begitu antar anggota perguruan bisa saling mengenal. Kalau sudah mengenal gesekan itu tidak akan terjadi," pungkasnya. (gun/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...