Senin, 10 Mei 2021 03:34

Lima Ribu Lansia di Kecamatan Pagu Jalani Vaksinasi Covid-19

Senin, 29 Maret 2021 16:56 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Lima Ribu Lansia di Kecamatan Pagu Jalani Vaksinasi Covid-19
Kepala Puskesmas Pagu drg. Dewi Kasanah Murtiningsih (berdiri) saat menyaksikan pemberian Vaksin AstraZaneca kepada salah satu lansia laki-laki di Puskesmas Pagu. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 5.276 orang lansia (lanjut usia) di Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang usianya di atas 60 tahun, mulai menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pagu, Senin (29/3/2021), menggunakan Vaksin AstraZaneca.

Kepala Puskesmas Pagu drg. Dewi Kasanah Murtiningsih menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pagu akan dibagi beberapa tahap. Saat ini oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Puskesmas Pagu ditugaskan untuk melaksanakan imunisasi untuk lansia tahap 1.

"Untuk perlakuan pemberian vaksin kepada para lansia yang usianya di atas 60 tahun ini, sebenarnya sama seperti sasaran pemberian vaksin yang di bawah 60 tahun. Tetapi ada tambahan di dalam screening-nya, kami harus lebih hati-hati," kata drg. Dewi Kasanah, Senin (29/3/2021).

Menurut drg. Dewi Kasanah, prosedur untuk pelaksanaan vaksinasi untuk lansia di atas usia 60 tahun sama dengan yang lain, yaitu para peserta harus melalui meja 1 bagian pendataan. Dilanjutkan ke meja 2 bagian screening. Bila di meja screening ini peserta dinyatakan boleh divaksin, maka peserta menuju tempat vaksin yang disediakan secara khusus.

BACA JUGA : 

Lagi, RGR Salurkan Bantuan Sembako pada 80 Lansia dan Difabel

Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional

Agar Ekonomi Berputar, ​Wali Kota Kediri Instruksikan Bansos Sahabat Disalurkan Sebelum Lebaran

​Pemdes Kwadungan Kediri Siapkan Tempat Isolasi bagi yang Nekat Mudik

"Setelah menerima vaksin, peserta menuju meja 4 untuk observasi selama 30 menit. Setelah observasi selama 30 menit, tidak ada gejala apa pun artinya dalam keadaan aman, maka peserta diperbolehkan meninggalkan tempat," terang drg. Dewi.

Ditambahkan oleh drg. Dewi, untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap para lansia se-Kecamatan Pagu ini selain dilaksanakan di Puskesmas Pagu, juga dilaksanakan di RS Aura Syifa Pagu, untuk 500 orang yang juga dilakukan secara bertahap.

"Pemberian vaksin untuk lansia ini, dilaksanakan secara serentak se-Kabupaten Kediri. Ini adalah ikhtiar bersama agar pandemi segera berlalu. Khusus untuk Kecamatan Pagu ada 5.276 orang yang usianya di atas 60 tahun," pungkas dokter gigi asli Desa Panjer, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri yang juga Alumnus SMA Negeri 2 Pare dan Unair Surabaya tersebut. (uji/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...