Kamis, 13 Mei 2021 13:37

RKPD 2022, Lamongan Rencanakan 7 Prioritas Pembangunan

Selasa, 30 Maret 2021 19:24 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
RKPD 2022, Lamongan Rencanakan 7 Prioritas Pembangunan
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Ketua DPRD Abdul Ghofur.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lamongan tahun 2021 terkait penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) tahun 2022 dilaksanakan di Ruang Pertemuan Gajah Mada, Gedung Pemda Lamongan, Selasa (30/3).

Didampingi Wakil Bupati Abdul Rouf, Bupati Yuhronur Efendi pada kesempatan tersebut menyampaikan 7 prioritas pembangunan daerah. Yakni Lamongan kreatif, Ramasinta (Gerakan Membangun Pariwisata Ramah dan Terintegrasi), Lumbung Pangan Lamongan, Jamula (Jalan Mulus Lamongan), Yes (Yakinlah Semua Sejahtera), Perintis (Pendidikan Berkualitas dan Gratis), Lamongan sehat, pemuda dan olah raga, YES Lamongan (Young Entrepreneur Succes), Pelayanan publik 100 persen berkualitas, dan Desa Berjaya.

Yuhronur menuturkan, bentuk kegiatan yang akan menjadi fokus di antaranya yakni santripreneur, desa wisata, bedah rumah, normalisasi sungai dan tampungan air di wilayah rawan banjir, beasiswa pendidikan sampai S2, serta intensif bagi guru ngaji.

“Ini adalah momentum bagi kita untuk menyamakan tujuan dan bersinergi demi tercapainya pembangunan Lamongan yang dinamis. Kita patut bersyukur karena Lamongan termasuk pada kabupaten yang akan banyak mendapat program dan proyek nasional. Artinya Pemerintah Pusat melihat peluang besar Lamongan untuk terus dikembangkan,” ungkap Yuhronur.

BACA JUGA : 

Bupati Yuhronur Berharap Lomba Mampu Ciptakan Kebiasaan Siswa Berkompetisi dan Berprestasi

Bupati Yuhronur Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Lebaran

Support Klub Kebanggaan, ASN Pemkab Lamongan Kenakan Jersey Persela

Pemkab Lamongan Kembali Pertahankan SAKIP A

Sementara itu, Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Lamongan Suyatmoko, dalam paparannya menyampaikan 7 hal yang menjadi prioritas Lamongan pada pembangunan tahun 2022. Tujuh prioritas ini meliputi pemulihan ekonomi melalui peningkatan produksi; nilai tambah komoditas unggulan dan pariwisata; peningkatan layanan infrastruktur dalam rangka pemerataan pembangunan daerah; serta peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan dan kesehatan.

Selain itu juga memprioritaskan peningkatan kompetensi tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja serta pengentasan kemiskinan, peningkatan kepedulian sosial dan pelestarian budaya, peningkatan kelestarian lingkungan dan ketahanan bencana, dan peningkatan pelayanan publik dengan didukung stabilitas di daerah.

Musrenbang yang dihadiri pula Kepala Dinas Kominfo Jatim Benny Sampirwanto melalui video conference dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Lamongan secara virtual YouTube ini bertujuan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten/Kota.

Di Lamongan sendiri jumlah rekap usulan masyarakat melalui SIPD berjumlah 3.765 dan telah terverifikasi perangkat daerah sebanyak 3.111 usulan dengan total anggaran 690 miliar. Sementara rekap usulan Pokir (Pokok Pikiran anggota DPRD) sejumlah 3.811 dan telah terverifikasi Bappeda dengan total anggaran Rp 355 miliar.

Kemudian Usulan Renja (Rencana Kerja) sebanyak 76 perangkat daerah 2.261 sub-kegiatan dengan total anggaran Rp 690 miliar. Serta 117 usulan ke provinsi dengan total anggaran Rp 342 miliar. (qom/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...