Sabtu, 17 April 2021 17:53

Vaksinasi Lansia Terus Berlanjut, Mantan Bupati Kediri Ikut Disuntik Vaksin AstraZeneca

Rabu, 31 Maret 2021 10:17 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Vaksinasi Lansia Terus Berlanjut, Mantan Bupati Kediri Ikut Disuntik Vaksin AstraZeneca
Vaksinasi Covid-19 bagi para lansia. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi bagi lansia terus digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Termasuk yang dilakukan di RSUD Simpang Lima Gumul yaitu vaksinasi dosis pertama bagi 120 pensiunan aparatur sipil negara Pemkab Kediri, Selasa (30/3/2021) kemarin. Mbak Wabup Kediri Dewi Mariya Ulfa hadir dalam kegiatan tersebut.

Sejak pagi para peserta sudah berdatangan dan tetap menerapkan prokes 3M. Tidak ada perlakuan secara khusus pada vaksinasi sasaran lansia ini, hanya saja petugas lebih berhati-hati pada saat tahapan screening.

Vaksinasi diawali dengan tahap registrasi, kemudian dilakukan screening untuk mengetahui riwayat penyakit, kesiapan psikis, kondisi fisik, serta memeriksa apakah para lansia memiliki komorbid yang terkontrol agar vaksin dapat bekerja dengan efektif.

Salah satu penerima vaksin adalah Bupati Kediri Periode 1995-2000 Prof. Suparyadi, S.I.P., M.M., yang sekarang sudah berusia 77 tahun. "Kami mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada Mas Haninditho dan Mbak Dewi dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. Saya merasa bahagia dan turut senang atas prioritas vaksinasi untuk lansia ini," ucap Prof. Suparyadi.

BACA JUGA : 

Gelar Jumat Ngopi Edisi Ngabuburit, Mas Bup Dhito Ditodong Banyak Masalah, Ini Jawabannya

Pemkab Kediri Bantu 1.250 Kg Benih Padi Kepada Korban Banjir Tarokan

Pemkot Kediri Salurkan Bantuan Paket Sembako Isolasi Mandiri di 8 Kelurahan

Aplikasi Halo Mas Bup Mulai Dirasakan Oleh Masyarakat Kabupaten Kediri

Prof. Suparyadi pun memberikan cendera mata buku karyanya sebagai wujud apresiasi dan terima kasih terhadap Pemerintah Kabupaten Kediri yang diserahkan kepada Mbak Wabup Dewi.

Pada kesempatan yang sama, Mbak Wabup Dewi Mariya Ulfa berharap seluruh penerima vaksin terus diberi kesehatan dan bersama-sama mendukung pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Sebagai informasi, vaksin yang diberikan ini adalah Vaksin Astrazeneca, di mana rentang pemberian vaksin pertama dan kedua adalah 8 minggu atau 56 hari. Usai menjalani vaksinasi, para lansia mengatakan aman dan tidak merasakan gejala apa-apa.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Bambang Triyono menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 menggunakan Vaksin AstraZeneca ini akan terus dilakukan sampai para lansia di Kabupaten Kediri menerima semua.

Menurut dr. Bambang, penyuntikan vaksin kepada para lansia ini dilakukan di setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Kediri dan beberapa rumah sakit milik pemerintah maupun swasta yang ditunjuk secara bertahap.

"Jumlah lansia di Kabupaten Kediri berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri, lebih dari 250 ribu orang," kata dr. Bambang, Rabu (31/3/2021). (uji/zar)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...