Redam Penularan Covid-19, Pedagang Kawasan Stal Pandegiling Surabaya Disuntik Vaksin Astrazeneca

Redam Penularan Covid-19, Pedagang Kawasan Stal Pandegiling Surabaya Disuntik Vaksin Astrazeneca Vaksinasi Covid-19 yang digelar di kawasan Stal Pandegiling Surabaya. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus gencar melakukan vaksinasi untuk meredam penularan Covid-19. Kali ini, melalui Puskesmas Kedungdoro menyasar para pedagang di kawasan Stal Pandegiling.

"Kuota 150 pedagang dari tiga pasar, yakni Pasar Stal Pandegiling, Pasar Kedondong, dan Pasar Kedungsri," ujar drg. Dharmawati Zahara, Kepala Puskesmas Kedungdoro, Kamis (1/4/2021).

"Untuk vaksin ini kita pakai AstraZeneca, setiap orang yang akan divaksin harus melalui empat pos. Mereka akan diperiksa dan screening sebelum disuntik," sambungnya.

Dharmawati menerangkan, untuk urutannya yakni mulai dari verifikasi data pendaftaran, lalu screening dan anamnase, kemudian suntik vaksin, selanjutnya masa observasi selama 30 menit. "Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin, dan pemberian kartu vaksinasi Covid-19," paparnya.

Di tempat yang sama, Heri Santoso (53), salah satu pedagang yang ikut divaksin mengatakan sangat senang bisa ikut divaksin, karena dirinya telah menunggu lama agar bisa divaksin oleh pihak puskesmas.

"Baru kemarin ada pemberitahuan, Mas. Ya senang juga bisa masuk dalam bagian yang disuntik vaksin di lapangan futsal Pandegiling Stal ini, dekat tempat saya berjualan," ujar pedagang telur yang sudah 20 tahun berjualan di Pasar Stal Pandegiling tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita menuturkan, khusus pasar yang ada di bawah naungan PD Pasar Surya, pendaftaran vaksinasinya dilakukan di PD Pasar Surya. Ini dilakukan untuk memudahkan pendataan agar satu pintu.

" menargetkan 20.000 orang pedagang pasar di Surabaya sudah tervaksin sampai 2 April 2021," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pada Senin (29/3/2021) lalu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang di pasar-pasar di Surabaya. Dia memastikan bahwa yang divaksin adalah pedagang pasar yang bersentuhan langsung dengan warga atau pembeli. (nf/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO