Sabtu, 17 April 2021 17:50

Mas Bup Dhito Tinjau Vaksinasi Pedagang Pasar Kandangan Kediri

Kamis, 01 April 2021 19:31 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Mas Bup Dhito Tinjau Vaksinasi Pedagang Pasar Kandangan Kediri
Yeni, Bidan Desa Kambingan, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri saat menyuntikkan Vaksin AstraZeneca kepada salah satu lansia di Balai Desa Kambingan, Kamis (1/4/2021). (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi Covid-19 kepada para lansia di Kabupaten Kediri terus berjalan. Bila semula lokasi vaksinasi kepada para lansia dipusatkan di puskesmas dan rumah sakit pemerintah maupun swasta, kini lokasinya ada yang bergeser ke balai desa.

Ini dilakukan untuk mendekati para lansia yang tinggal jauh dari puskesmas maupun rumah sakit. Seperti yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Pagu yang melaksanakan vaksinasi di Balai Desa Kambingan, Kecamatan Pagu, Kamis (1/4/2021).

Yeni, Bidan Desa Kambingan menjelaskan bahwa ketika lokasi vaksinasi dilakukan di puskesmas, banyak lansia yang tidak mau hadir, dengan alasan terlalu jauh dari rumah mereka.

"Makanya ada kebijakan dari pimpinan untuk mengalihkan sebagian lokasi vaksinasi ke balai desa masing-masing, seperti yang saat ini dilakukan di Balai Desa Kambingan ini," kata Yeni di sela-sela kesibukan menyuntik para lansia.

BACA JUGA : 

Gelar Jumat Ngopi Edisi Ngabuburit, Mas Bup Dhito Ditodong Banyak Masalah, Ini Jawabannya

Pemkab Kediri Bantu 1.250 Kg Benih Padi Kepada Korban Banjir Tarokan

Tanggapi Hasil Survei SSC, Mas Bup Dhito: Pemimpin Muda PDIP Tidak Hanya Bekerja di Balik Meja

Aplikasi Halo Mas Bup Mulai Dirasakan Oleh Masyarakat Kabupaten Kediri

Sementara itu, kegiatan vaksinasi kepada para pedagang pasar tradisional di Kabupaten Kediri juga terus dilakukan. Vaksinasi untuk para pedagang dilakukan di lokasi pasar masing-masing.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana sempat datang dan menyaksikan langsung penyuntikan vaksin kepada pedagang Pasar Kandangan. Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu sempat menjadi perhatian pedagang dan masyarakat. Banyak di antara mereka yang minta foto bersama. Mas Bup Dhito dengan telaten meladeni permintaan foto bersama pedagang tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Mas Bup sempat berbincang dengan sejumlah pedagang, mulai dari menanyakan kesehatan hingga keluhan selama berdagang.

"Saya mohon untuk selalu dijaga kesehatannya, selalu patuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Agar wabah pandemi segera berlalu dan kita semua bisa kembali beraktivitas normal," pinta Mas Bup Dhito.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Bambang Triyono Putro mengatakan bahwa selama tiga hari digelar vaksinasi, sudah ada 500 pedagang di Pasar Kandangan yang divaksin.

"Yang divaksin hari ini ada 200 pedagang dari total 500 pedagang berdasarkan data dari dinas perdagangan. Pelaksanaannya selama tiga hari, dimulai sejak tanggal 31 Maret," ujar dr. Bambang.

Menurut dr. Bambang, vaksin yang digunakan adalah Vaksin AstraZeneca sesuai kiriman dari Kementerian Kesehatan melalui Provinsi Jawa Timur dan diberikan kepada 5.000 pedagang se-Kabupaten Kediri.

Masih menurut dr. Bambang, pelaksana vaksinator tenaga kesehatan dari puskesmas terdekat. Menurutnya, pedagang adalah bagian dari pelayanan publik sehingga masuk prioritas vaksinasi. Di pasar ada pertemuan antara pedagang dan pembeli, sehingga mereka sangat rentan terpapar Covid-19.

"Vaksinasi diadakan di seluruh pasar baik pasar milik pemerintah kabupaten ataupun dikelola pemerintah desa. Sebanyak 5 ribuan pedagang akan divaksin berdasarkan data dari dinas perdagangan," pungkas dr. Bambang. (uji/zar)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...