Sabtu, 10 April 2021 21:14

Donorkan Plasma Konvalesen, Wawali Surabaya: Demi Kemanusiaan

Kamis, 08 April 2021 21:06 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Indrayadi
Donorkan Plasma Konvalesen, Wawali Surabaya: Demi Kemanusiaan
Proses donor darah yang dilakukan Wawali Surabaya Armuji di Kantor PMI Surabaya, Kamis (8/4/2021). (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sudah genap tiga bulan lebih seminggu Wawali Surabaya Armuji sembuh dari Covid-19. Kini dirinya tergerak hatinya untuk mendonorkan plasma konvalesennya di Kantor PMI Surabaya, Jalan Embong Ploso Surabaya, Kamis (8/4/2021).

“Saya benar-benar ingin mendonorkan plasma saya untuk kebutuhan kemanusiaan yang lebih besar. Ini bisa menjadi percontohan bagi warga karena memang plasma konvalesen ini sangat dibutuhkan oleh warga, terutama warga yang terjangkit Covid-19 di Kota Surabaya,” kata Cak Ji.

Dia juga mengaku tidak ada persiapan khusus saat akan mendonorkan plasmanya itu, hanya istirahat yang cukup dan sarapan pagi seperti biasanya. “Tidak ada persiapan khusus, karena memang saya sudah niatkan, sehingga saya jalani dengan santai, ini demi kemanusiaan,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak warga Surabaya yang merupakan penyintas Covid-19 untuk bersedia mendonorkan plasma konvalesennya. Hal ini sangat penting untuk membantu warga lainnya yang membutuhkan dan saat ini masih terkena Covid-19.

BACA JUGA : 

Lakukan Aksi Kemanusiaan, ​Mantan Kasat Lantas Polresta Sidoarjo dan Rekan Gelar Donor Darah

​Siap Donorkan Plasmanya, Wawali Armudji Ajak Penyintas Lain Tak Segan-Segan Bantu Sesama

​Plh. Wali Kota Surabaya Ajak PMI Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

​Kantong Plasma Langka, Menko PMK dan Mensos Tinjau UDD PMI Surabaya

Dirinya juga mengajak warga Surabaya yang merupakan penyintas Covid-19 untuk bersedia mendonorkan plasma konvalesennya. Hal ini sangat penting untuk membantu warga lainnya yang membutuhkan dan saat ini masih terkena Covid-19.

Selain itu, dia juga mengajak warga yang sehat dan memenuhi syarat untuk donor darah biasa, untuk segera mendonorkan darahnya. Sebab, saat ini kebutuhan darah biasa atau yang bukan konvalesen juga sangat dibutuhkan.

Sementara itu, Kepala UDD PMI Kota Surabaya Budi Arifah mengatakan bahwa Wakil Wali Kota Surabaya itu merupakan penyintas Covid-19 yang sudah pernah mendapatkan transfusi plasma konvalesen. Berdasarkan aturan, dia boleh mendonorkan plasma konvalesennya setelah 3 bulan.

“Nah, kebetulan beliau sudah 3 bulan lebih seminggu sembuhnya, dan pada minggu lalu sudah kami sampling dan kami tes darahnya dan kesehatannya, Alhamdulillah bagus dan memenuhi syarat untuk melakukan donor plasma konvalesen, sehingga bisa dilakukan hari ini,” kata Budi.

Dia juga bersyukur karena ketersediaan plasma konvalesen saat ini tersedia semuanya, tapi yang masih sedikit adalah golongan darah O dan A, dan yang lebih bersyukur lagi adalah golongan darah Wakil Wali Kota Surabaya O, sehingga bisa menambah stok plasma konvalesen golongan darah O di PMI Surabaya.

“Alhamdulillah, semua golongan kami punya, tapi yang sedikit memang golongan darah O dan A. Alhamdulillah, Pak Armuji juga golongan darah O, sehingga bisa menambah stok kami. Meskipun kasus Covid-19 sudah mulai turun, tapi permintaan kepada kami masih ada, terutama dari luar kota,” kata dia.

Budi Arifah juga membenarkan bahwa stok darah biasa di PMI Surabaya sudah mulai menipis. Oleh karena itu, dia meminta warga Kota Surabaya yang memenuhi persyaratan untuk segera mendonorkan darahnya, karena saat ini kebutuhan atau permintaan semakin meningkat dibanding sebelumnya.

“Jadi, saat ini kebutuhan darah biasa sudah mulai meningkat, karena mungkin operasi-operasi yang sebelumnya ditunda, sudah mulai dilakukan, sehingga kebutuhan darah semakin banyak, jadi ayo segera donor darah,” pungkasnya. (dra/zar)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...