Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Al-Fitrah, Eri Pastikan 300 Pengurus Sudah Divaksin

Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Al-Fitrah, Eri Pastikan 300 Pengurus Sudah Divaksin

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 semakin masif di berbagai kalangan. Setelah sweeping pada lansia, kini Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau lokasi vaksin di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fitrah, Jalan Kedinding Lor, Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Senin (12/4/2021).

Di sana, Eri mengatakan bahwa vaskinasi hari ini diperuntukkan bagi pengurus, ustaz dan ustazah Ponpes Al-Fitrah. Hari ini sedikitnya 300 pengurus yang disuntik vaksin. Upaya seperti ini terus dilakukan di berbagai ponpes yang tersebar di Kota Pahlawan.

“Proses vaksin berjalan lancar. Kita lakukan semua secara bertahap dan merata. Nanti di ponpes lainnya pun kita data seperti di Ponpes Ndresmo,” katanya.

Vaksin bagi para pengurus ponpes memang penting dilakukan. Sebab, di momen Bulan Suci Ramadan ustaz maupun ustazah juga memiliki kegiatan di luar pondok seperti mengisi ceramah di masjid. Sedangkan, bagi para santri kegiatannya full di dalam ponpes.

“Untuk para santri ketika akan masuk ke pondok mereka diwajibkan swab dan karantina terlebih dahulu, atau mereka yang keluar masuk pondok,” imbuh Eri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, berdasarkan data yang tercatat, per kemarin (Minggu, 11/4/2021), total tokoh agama yang sudah disuntik vaskin berjumlah 6,641 orang dan masih akan terus berlanjut.

Di samping itu, Pembina Ponpes Al-Fitrah Muhammad Ayn El Yaqin El Ishaqi menambahkan, para pengurus antusias mengikuti vaksin dan sudah lebih dari 60 persen ustaz dan ustazah yang disuntik. “Alhamdulillah tidak ada keluhan, aman,” tutur dia.

Adapun untuk mekanisme Salat Tarawih tetap akan digelar dengan disiplin protokol kesehatan (prokes). Namun selama Salat Tarawih tidak mengundang jemaah dari luar pondok, sehingga dipastikan jemaah yang tergabung dalam salat maupun tadarus khusus jemaah di lingkup Ponpes Al-Fitrah. “Kami pastikan tetap menjaga prokes," lanjut El Ishaqi. (dra/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO