Senin, 10 Mei 2021 05:57

Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Al-Fitrah, Eri Pastikan 300 Pengurus Sudah Divaksin

Senin, 12 April 2021 20:26 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Indrayadi
Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Al-Fitrah, Eri Pastikan 300 Pengurus Sudah Divaksin

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 semakin masif di berbagai kalangan. Setelah sweeping pada lansia, kini Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau lokasi vaksin di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fitrah, Jalan Kedinding Lor, Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Senin (12/4/2021).

Di sana, Eri mengatakan bahwa vaskinasi hari ini diperuntukkan bagi pengurus, ustaz dan ustazah Ponpes Al-Fitrah. Hari ini sedikitnya 300 pengurus yang disuntik vaksin. Upaya seperti ini terus dilakukan di berbagai ponpes yang tersebar di Kota Pahlawan.

“Proses vaksin berjalan lancar. Kita lakukan semua secara bertahap dan merata. Nanti di ponpes lainnya pun kita data seperti di Ponpes Ndresmo,” katanya.

Vaksin bagi para pengurus ponpes memang penting dilakukan. Sebab, di momen Bulan Suci Ramadan ustaz maupun ustazah juga memiliki kegiatan di luar pondok seperti mengisi ceramah di masjid. Sedangkan, bagi para santri kegiatannya full di dalam ponpes.

BACA JUGA : 

Antisipasi Keramaian dan Penyebaran Covid-19, Takbir Keliling di Surabaya Ditiadakan

Pemkot Surabaya Minta Vaksinasi Massal di Grand City Dievaluasi Ulang, Karena Timbulkan Kerumunan

​Besok, Wali Kota Surabaya Resmikan Museum Olahraga, Bakal Dihadiri Mensos Risma

​Kajari Tanjung Perak Isi Materi Hukum dalam Ujicoba PTM di SMPN 1 Surabaya

“Untuk para santri ketika akan masuk ke pondok mereka diwajibkan swab dan karantina terlebih dahulu, atau mereka yang keluar masuk pondok,” imbuh Eri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, berdasarkan data yang tercatat, per kemarin (Minggu, 11/4/2021), total tokoh agama yang sudah disuntik vaskin berjumlah 6,641 orang dan masih akan terus berlanjut.

Di samping itu, Pembina Ponpes Al-Fitrah Muhammad Ayn El Yaqin El Ishaqi menambahkan, para pengurus antusias mengikuti vaksin dan sudah lebih dari 60 persen ustaz dan ustazah yang disuntik. “Alhamdulillah tidak ada keluhan, aman,” tutur dia.

Adapun untuk mekanisme Salat Tarawih tetap akan digelar dengan disiplin protokol kesehatan (prokes). Namun selama Salat Tarawih tidak mengundang jemaah dari luar pondok, sehingga dipastikan jemaah yang tergabung dalam salat maupun tadarus khusus jemaah di lingkup Ponpes Al-Fitrah. “Kami pastikan tetap menjaga prokes," lanjut El Ishaqi. (dra/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan---LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untuk memba...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...