Sabtu, 15 Mei 2021 18:28

HM Sampoerna Sumbang Alat Kesehatan untuk Pemkot Surabaya

Jumat, 16 April 2021 20:44 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Indrayadi
HM Sampoerna Sumbang Alat Kesehatan untuk Pemkot Surabaya
Serah terima bantuan alat kesehatan dari HM Sampoerna. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah (Pemkot) Kota Surabaya kembali menerima bantuan satu unit alat kesehatan (alkes) berupa Hi Flow Nasal O2 Therapy dari PT. HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) yang dapat digunakan untuk membantu pasien yang mengalami masalah pernapasan seperti Covid-19.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, bantuan alat kesehatan ini merupakan yang kesekian kalinya diberikan oleh Sampoerna. Karena kemarin sudah memberikan beberapa alat, mesin PCR juga. "Ini yang kesekian kalinya Sampoerna memberikan bantuan kepada Pemkot Surabaya," katanya usai menerima bantuan alkes di Halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (16/4/2021).

Fungsi alat ini sama halnya dengan ventilator. Namun, cara penggunaannya lebih sederhana dari ventilator yang harus dimasukkan ke dalam mulut hingga kerongkongan pasien. Sedangkan ini cukup ditempelkan di hidung, sehingga tidak menyakitkan.

Eri menyatakan, meski pasien Covid-19 di Surabaya menurun, alat tersebut ke depannya tetap dapat digunakan. Sebab tak hanya dapat digunakan untuk terapi pasien Covid-19, tapi juga penyakit lainnya.

BACA JUGA : 

Lebaran ke-2, Kawasan Bisnis Pergudangan Margomulyo Lengang dan Sepi

Mudik Dilarang, Pemkot Surabaya Dorong Pelaku Usaha Maksimalkan Peran dan Fungsi Satgas Mandiri

Begini Cara Ikutan Silaturahim dan Halal Bihalal dengan Wali Kota Eri Secara Virtual

​Pemkot Surabaya Pertahankan Opini WTP 9 Kali Berturut-turut

Dia berharap, kolaborasi dan sinergi antara Pemkot Surabaya dan Sampoerna ini ke depannya tetap terjaga. Tentunya kolaborasi yang telah terjalin ini dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Surabaya.

Kepala Bidang Urusan Eksternal PT HM Sampoerna Tbk Ishak Danuningrat menyatakan bahwa bantuan ini merupakan salah satu bentuk rangkaian kepedulian PT HM Sampoerna Tbk kepada masyarakat Surabaya sejak pandemi Covid-19 melanda.

"Jangan lupa bahwa Sampoerna itu lahir di Surabaya. Jadi bagaimanapun juga apa yang kami lakukan selalu akan kami ingat. Bahwa tanpa Surabaya, Sampoerna tidak akan pernah ada," katanya.

Menurutnya, bantuan alkes yang diberikan kepada pemkot ini merupakan bentuk implementasi falsafah dari logo tiga tangan PT HM Sampoerna Tbk. Di mana esensi salah satu dari tiga tangan itu adalah memperhatikan atau peduli terhadap masyarakat secara luas. "Ke depannya kami akan coba selalu berbakti atau mendukung baik itu untuk komunitas atau masyarakat secara luas," ujar Ishak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita menambahkan, alat bantu pernapasan dari PT HM Sampoerna Tbk ini merupakan bantuan yang keempat kalinya. Di tahun sebelumnya, Sampoerna sudah memberikan tiga alat yang sama. Usai diserahterimakan, Febria langsung menginstruksikan jajarannya untuk segera memindahkan alat tersebut menuju ICU RSUD dr. Soewandhie Surabaya.

Dengan adanya tambahan alat baru ini diharapkan dapat semakin mendukung pelayanan di rumah sakit. "Jadi kalau (pasien) pakai Hi Flow Nasal ini tidak perlu lagi pakai ventilator," tutup Febria. (dra/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...