Kamis, 13 Mei 2021 09:38

Menteri PPN Setujui Wisata Religi Terintegrasi Kota Pasuruan, Siapkan Anggaran Rp 100 M

Sabtu, 17 April 2021 10:28 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ardianzah
Menteri PPN Setujui Wisata Religi Terintegrasi Kota Pasuruan, Siapkan Anggaran Rp 100 M
Wali Kota Pasuruan Gus Ipul memberikan penjelasan kepada Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa terkait konsep pembangunan wisata religi terintegrasi.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kunjungan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berbuah manis. Kala itu Wali Kota memaparkan visi Pasuruan Kota Madinah (maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya), yang bakal menggarap wisata religi terintegrasi.

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa pun membalas kunjungan Gus Ipul-Mas Adi dengan melakukan kunjungan langsung ke Kota Pasuruan untuk melihat konsep yang ditawarkan, Jumat (16/04). Hasilnya, Suharso menyetujui gagasan Gus Ipul dan menyediakan anggaran Rp 100 miliar untuk merealisasikannya.

Dalam kunjungannya, Suharso meninjau secara langsung lokasi-lokasi yang nantinya akan masuk dalam kawasan wisata religi terintegrasi, yaitu Alun-alun Kota Pasuruan, Masjid Jamik, dan Makam KH. Abdul Hamid Ahmad.

BACA JUGA : 

Wali Kota Pasuruan Izinkan Warganya Takbiran dan Mudik Lebaran, Asalkan...

Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma

Cek Harga Sembako bersama Gus Ipul, Khofifah Support Renovasi Pasar Besar Pasuruan

Kunjungi Showroom Bipang Jangkar di Pasuruan, Gubernur Khofifah: Halal dan Melegenda

Kunjungan ini merupakan bentuk realisasi sekaligus persetujuan atas konsep Pasuruan Kota Madinah yang salah satunya adalah membentuk kawasan religi terintegrasi dengan membangun Alun-Alun Kota Pasuruan yang mirip dengan suasana Kota Madinah.

Disampaikan Gus Ipul, selain sebagai strategi untuk mengungkit ekonomi masyarakat Kota Pasuruan, kawasan wisata terintegrasi itu juga untuk membuat nyaman dan betah para peziarah yang hadir.

Setelah melihat langsung di lapangan dan kondisi anggaran yang ada di Kota Pasuruan, Menteri Suharso secara gamblang menyampaikan persetujuannya untuk membangun alun-alun tersebut dan akan memberikan dana 100 miliar untuk Kota Pasuruan. Wali Kota tinggal mematangkan konsep untuk disampaikan ke Kementerian PPN/Bappenas.

"Terkait apa yang diminta Pak Wali, tinggal menyiapkan DED (Detail Enginering Design) biar kita bisa segera menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan cara kita yang pertama ini, pembangunan alun-alun itu Insya Allah bisa teratasi," ujar Menteri Suharso.

Turut menyambut kunjungan Menteri Suharso, antara lain Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota dan Kabupaten Pasuruan, Dandim 0819 Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kajari Kabupaten Pasuruan, dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan turut hadir mendampingi Gus Ipul-Mas Adi. (ard/par)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...