Lantik 15 Kades, Bupati Arifin: Sukseskan Imbauan Larangan Mudik

Lantik 15 Kades, Bupati Arifin: Sukseskan Imbauan Larangan Mudik Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin melantik kades terpilih di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Kamis (29/4/2021).

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah 15 kepala desa yang sebelumnya mengikuti pilkades serentak, hari ini dilantik secara resmi oleh Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Kamis (29/4/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Arifin meminta agar kepala desa yang telah dilantik ini tetap menerapkan kebijakan PPKM Mikro di masa pandemi Covid-19 di desanya masing-masing. "Tugas Bapak Ibu yang berada di desa, khususnya kepala desa semuanya, adalah memastikan pencegahan penyebaran Covid-19, memasifkan pencegahan penyebaran Covid-19, memasifkan protokol kesehatan, itu bisa terlaksana di desa," pintanya.

Sekilas Bupati Arifin menyampaikan tentang penyebaran Covid-19 di negara India yang saat ini menduduki peringkat pertama di dunia. "Padahal negara India di masa awal penyebaran Covid-19 di dunia, India termasuk salah satu negara yang sukses menekan penyebaran Covid-19 saat itu," paparnya.

Menurut Arifin, kunci sukses India menekan penyebaran Covid-19 saat itu adalah dengan menerapkan kebijakan mikro lockdown. "Kalau di India disebut mikro lockdown, kalau di Indonesia Presiden Jokowi menerjemahkan dengan PPKM Mikro atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala Mikro," terangnya.

Arifin juga mengingatkan pemdes agar melakukan treatment apabila ada warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. "Jangan biarkan (orang tersebut) isolasi mandiri atau tanpa pengawasan," kata Arifin.

Terakhir, Bupati Arifin meminta para kades menyukseskan imbauan dari pemerintah tentang larangan mudik bagi warganya yang berada di luar Trenggalek. Selain itu, dirinya juga meminta agar para kades terpilih ini nantinya bisa bersama-sama memulihkan kondisi ekonomi, salah satunya melalui pengelolaan dana desa yang lebih baik.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Trenggalek Hartoko menyampaikan, 15 kades yang dilantik oleh Bupati Arifin yaitu Desa Terbis, Depok, Barang, Gayam, Karangtengah, Pandean, Nglinggis, Nglongsor, Pucanganak, Ngares, Dawuhan, Kamulan, Watulimo, Ngembel, dan Mlinjon. (man/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO