Suvenir Topeng dan Jaranan Kediri Rambah Turki dan Jepang, Disambangi Ketua Kadin

Suvenir Topeng dan Jaranan Kediri Rambah Turki dan Jepang, Disambangi Ketua Kadin Ketua Kadin Kabupaten Kediri Hj. Yekti Murih Wiyati (pegang topeng) didampingi Dr. Sapta Andaruisworo, saat berkunjung ke showroom milik Mahmud, pelaku UMKM di Desa Paron Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Untuk mengetahui lebih dekat para pelaku UMKM di Kabupaten Kediri, Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Kediri Hj. Yekti Murih Wiyati menyambangi atau melakukan kunjungan ke pelaku UMKM di Kabupaten Kediri.

Pelaku UMKM pertama yang dikunjungi Hj. Yekti adalah Mahmud Septian Avrizal (28), warga Desa Paron, Kecamatan Ngasem, pembuat suvenir topeng dan jaranan.

Mahmud awalnya pemain jaranan yang kebetulan memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Kemudian ia membuat kerajinan gantungan pecut, hingga topeng ganongan dan segala macam jenis aksesoris jaranan.

Bahkan saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1214 tahun 2018 lalu, Mahmud mendapat kepercayaan dimina membuat 1.214 buah topeng penthul untuk digunakan para penari saat perhelatan akbar tari kolosal.

Dengan dibantu oleh kedua orang tuanya dan juga adik kandungnya, kini Mahmud terus memproduksi topeng dan aksesoris jaranan. Hasil karyanya kemudian dijual kepada masyarakat.

Tidak hanya masyarakat sekitar saja yang menyukai suvernir hasil karya Mahmud, tapi sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia bahkan sampai luar negeri. Seperti Turki, Malaysia, Singapura, Libanon, Filipina, Korea Selatan dan Jepang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO