Iuran Ditanggung Pemkab, Warga Sidoarjo Bisa Berobat Gratis Pakai BPJS Kesehatan Kelas 3

Iuran Ditanggung Pemkab, Warga Sidoarjo Bisa Berobat Gratis Pakai BPJS Kesehatan Kelas 3 SIMBOLIS: Bupati Ahmad Muhdlor menyerahkan replika kartu peserta BPJS Kesehatan saat MoU UHC, di Pendapa Delta Wibawa, Senin (31/5/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo melalui program Universal Health Coverage atau (JKS) menanggung iuran kelas 3 bagi warga Kota Delta.

Sehingga warga ber-KTP Sidoarjo bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis melalui kelas 3 itu.

Program Universal Health Coverage atau (JKS) ini, resmi diluncurkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemkab Sidoarjo dengan Cabang Sidoarjo, di Pendapa Delta Wibawa, Senin (31/5/2021).

Ahmad Muhdlor () menjelaskan, gratis ini di-launching pada 31 Mei 2021 dan mulai berlaku Juni 2021. "Seluruh (warga) KTP Sidoarjo bisa menikmati BPJS gratis ini. Mulai bulan Juni ini, BPJS (Kesehatan) warga Sidoarjo ditanggung pemkab," cetus .

Namun, kata , yang ditanggung pemkab, merupakan kelas 3. Dan warga yang belum masuk BPJS, secara otomatis masuk kelas 3.

"Peserta BPJS kelas 1 dan kelas 2 tetap membayar iuran sendiri, kecuali yang bersangkutan mau turun ke kelas 3, maka akan ikut gratis juga," kata alumni FISIP Unair ini.

Terkait warga yang masih memiliki tunggakan iuran, menyebut, tetap harus diselesaikan oleh yang bersangkutan. "Utang tetap utang, yo tetep kudu dibayar. Kemudian dia dapat dari pemerintah, monggo, tapi utange tetap nempel," tandasnya.

Program UHC yang iuran kelas 3 ditanggung oleh pemkab ini, mensyaratkan warga ber-KTP Sidoarjo lebih dari enam bulan. Nantinya warga bisa mendaftar melalui Dinas Sosial (Dinsos) Sidoarjo.

Ditegaskan , program BPJS Gratis ini merupakan salah satu janji program saat berkampanye di Pilkada Sidoarjo. "Ini komitmen kami pada masyarakat Sidoarjo dan juga untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta salah satu program di RPJMN 2024, yakni UHC," bebernya.

Diketahui, data Kabupaten Sidoarjo tahun 2021, total penduduk Sidoarjo yang sudah terdaftar sebanyak 1.863.747 jiwa atau 97,06 persen dari jumlah penduduk Sidoarjo.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO