Mudahkan Layanan ke Warga, Wali Kota Eri Persilakan Camat dan Lurah Terus Berinovasi

Mudahkan Layanan ke Warga, Wali Kota Eri Persilakan Camat dan Lurah Terus Berinovasi Wali Kota Eri didampingi Sekda Hendro saat memberikan pengarahan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berinovasi untuk memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat yang diimplementasikan melalui layanan administrasi kependudukan (adminduk) yang dapat dilakukan di kantor kelurahan dan kecamatan.

Terobosan yang digagas Eri Cahyadi ini, sebagai bagian dari upaya untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Oleh karenanya, ia juga mempersilakan kepada camat dan lurah agar melakukan inovasi serupa. Misalnya, camat dan lurah menyediakan layanan di Balai RW atau RT.

"Kalau saya ngantor di kelurahan, camat dan lurah bisa ngantor atau melakukan pelayanan di Balai RW atau RT. Nah, itu silakan teman-teman berinovasi," katanya, Jum'at (4/6/2021).

Eri juga menyatakan keinginannya agar seluruh layanan bisa berhenti di tingkat kelurahan dan kecamatan, sehingga warga tak harus datang ke kantor PD (Perangkat Daerah) untuk mendapatkan layanan itu.

Sementara di tingkat PD, nantinya dapat melakukan pekerjaan yang lebih tinggi. "Pekerjaan harus berhenti di kelurahan, sehingga nanti orang di PD akan berkurang. Karena ditempatkan di kelurahan dan kecamatan.

Dalam pengarahannya ia meminta kepala camat dan lurah agar masing-masing stafnya dapat turun ke lapangan. Harapannya, ketika ada permasalahan yang muncul di lapangan, bisa langsung diketahui dan diselesaikan.

Untuk memastikan hal itu berjalan, Eri menegaskan bakal melakukan evaluasi terhadap kinerja semua jajarannya. Bagi dia, ketika seseorang itu mampu menjalankan amanah dan menjadi orang yang solutif, maka silahkan untuk menjadi pemimpin.

Namun, hal ini juga berlaku sebaliknya. Wali Kota Eri menyebut, ketika seseorang tidak mampu menjalankan amanah, maka silahkan beri kesempatan yang lain untuk menggantikan menjadi pemimpin. "Silakan teman-teman berinovasi. Turun ke RT dan RW termasuk dinasnya," tandasnya. (dra/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO