Kamis, 29 Juli 2021 16:26

Matangkan Revitalisasi Alun-Alun Kota Pasuruan, Gus Ipul Beri Paparan ke Bappenas RI

Sabtu, 05 Juni 2021 22:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Matangkan Revitalisasi Alun-Alun Kota Pasuruan, Gus Ipul Beri Paparan ke Bappenas RI
Pertemuan virtual antara Pemkot Pasuruan dengan Tim Bappenas RI membahas rencana revitalisasi Alun-Alun Kota Pasuruan, Jumat 5 Mei 2021.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bertempat di Media Command Centre Kota Pasuruan, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) menggelar pertemuan secara virtual bersama Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI), Jumat 5 Mei 2021.

Pertemuan ini dalam rangka pematangan rencana revitalisasi Alun-Alun Kota Pasuruan. Gus Ipul menyampaikan detail dan poin dari rencana revitalisasi alun-alun Kota Pasuruan.

Secara garis besar, revitalisasi tersebut akan difokuskan pada tiga lokasi penting. Pertama, Gus Ipul ingin menjadikan Alun-Alun Kota Pasuruan sebagai kawasan yang lebih ramah anak, disabilitas, dan lansia. Pada area alun-alun, Gus Ipul juga akan melakukan pemasangan 9 payung khas Kota Madinah.

BACA JUGA : 

Santai Pakai Sarung, ​Gus Ipul Tinjau Beberapa Hotel yang Bakal Disewa untuk Rumah Isolasi

Dialog Dengan Pemilik Warung dan PKL, Wali Kota Pasuruan Sosialisasikan PPKM Level 4

Wali Kota Pasuruan Hadiri Paripurna Pertanggungjawaban APBD TA 2020

Pemkot Pasuruan Upayakan Situasi yang Kondusif dalam Penyaluran Bansos di 4 Lokasi

Kedua, revitalisasi akan difokuskan pada sepanjang Jl. Wahid Hasyim atau Jl. Niaga. Pada poin ini, Gus Ipul akan melakukan pelebaran trotoar sebesar 3 meter, melakukan penanaman bunga tabebuya di sepanjang jalan, memasang lampu sebagai penerang sekaligus menambah nilai estetika kota, dan melakukan penataan lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) dan para pengayuh becak religi.

Fokus terakhir adanya revitalisasi, yakni mempercantik Masjid Jami' Al Anwar Kota Pasuruan. Hal ini menjadi yang utama karena tepat di belakang masjid terdapat makam Kiai Besar Kota Pasuruan, yakni KH. Abdul Hamid (Mbah Hamid) yang ramai dikunjungi wisatawan hingga 1 juta orang per tahun.

Mengingat bahwa alun-alun Kota Pasuruan merupakan pusat kawasan perdagangan dan jasa di Kota Pasuruan, Gus Ipul dan Tim Bappenas Kota Pasuruan akan segera mengirimkan Detail Enginering Design (DED) sebelum tanggal 21 Juni 2021.

Dalam program revitalisasi ini, Gus Ipul mengajukan dana kurang lebih 125 miliar rupiah pada Bappenas RI. Dengan dilakukannya revitalisasi Alun-Alun Kota Pasuruan, Gus Ipul yakin nantinya dapat dijadikan pengungkit ekonomi masyarakat, karena UMKM berkembang seiring meningkatnya jumlah wisatawan.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Asisten Bidang Perekonomian, Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat, dan para Kepala OPD terkait, serta Tim Bappenas Kota Pasuruan.

Pertemuan dipandu oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas RI, Rudy Soeprihadi Prawiradinata didampingi Deputi Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Perumahan Rakyat dan Permukiman, Direktur Pariwisata, serta sejumlah tim dari Bappenas RI. (ard/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...