Perangi Hoaks, IJTI dan Anggota DPRD Kota Kediri Gelar Diskusi Perspektif Hukum Pers dan Medsos

Perangi Hoaks, IJTI dan Anggota DPRD Kota Kediri Gelar Diskusi Perspektif Hukum Pers dan Medsos Reza Darmawan, Anggota Komisi A DPRD Kota Kediri (pegang mik). (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi A DPRD Kota Kediri Reza Darmawan bekerja sama dengan Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Korda Kediri menggelar diskusi dengan tema perspektif hukum pers dan di sebuah kafe di Kota Kediri, Sabtu (5/6/2021). Dalam kesempatan tersebut, panitia juga mendatangkan Dr. Apriliani, M.Si., selaku akademisi sebagai pemateri.

Saat ditemui setelah kegiatan, Reza Darmawan mengatakan, hal utama yang harus diperhatikan dalam kegiatan ini ialah kesetaraan (medsos) dan media mainstream agar mempunyai kemampuan yang sama untuk memberikan informasi yang tepat sehingga masyarakat tidak bingung dengan kebenaran berita.

"Yang pertama tadi adalah kesetaraan bagaimana teman-teman maupun media mainstream mempunyai kemampuan dan kualitas yang sama untuk memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga tidak terombang-ambing apakah berita ini hoaks apa tidak, apalagi ini menjadi tugas kita semua untuk selalu memerangi hoaks," ujar Reza.

Ia mengaku banyak mendapatkan informasi dari kegiatan tersebut. Kata dia, hasil dari diskusi ini akan dikaji di DPRD Kota Kediri.

"Alhamdulillah acara ini berjalan dengan baik. Pada prinsipnya saya selalu membuka komunikasi dengan siapa pun dan Alhamdulillah hari ini bisa dengan IJTI dan beberapa teman yang lain, dalam forum yang luar bisa ini mendapatkan informasi juga yang luar biasa, saya juga mendapatkan banyak hal yang harus kami lakukan sehingga hasil dari forum ini akan kami bawa ke lembaga DPRD untuk kami kaji," tuturnya.

Sementara itu, Roma Duwi Juliandi, Ketua IJTI Korda Kediri mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mencari solusi terbaik antara media mainstream dan. Karena pada perkembangan zaman saat ini, keduanya berjalan beriringan.

"Jadi dalam acara ini disampaikan bagaimana aturan-aturan terutama untuk ketika mengutip berita dari media mainstream kemudian diunggah kembali, kemudian di akhir kegiatan tadi harapan adalah beriringan seperti yang disampaikan kawan-kawan," ujar Roma.

Tidak hanya anggota IJTI Korda Kediri, kegiatan ini juga dihadiri oleh wartawan dari organisasi AJI dan PWI, Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri Apip Permana, Polres Kediri Kota, OJK Kediri, dan pegiat Kediri. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Hanya Gara-Gara Ngebut, Mobil Diteriaki Maling di Jakarta':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO