Antisipasi Sebaran Covid-19, Lapas Kelas IIA Pamekasan Lakukan Penyemprotan di Pintu Masuk

Antisipasi Sebaran Covid-19, Lapas Kelas IIA Pamekasan Lakukan Penyemprotan di Pintu Masuk Lapas Kelas IIA Pamekasan melakukan penyemprotan disinfektan bagi pengunjung di pintu masuk. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi sebaran Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan melakukan penyemprotan disinfektan di pintu masuk bagi pengunjung. 

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Pamekasan Hanafi mengatakan, penyemprotan disinfektan di pintu masuk dilakukan untuk memutus penularan Covid-19, terutama untuk warga binaan.

Menurutnya, disiplin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan mengalami penurunan yang cukup drastis sehingga adanya peningkatan kembali wabah yang sudah banyak memakan korban tersebut.

"Kami selau mengingatkan pada seluruh petugas lapas tentang kedisiplinan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak harus dijalani walau seluruh petugas Lapas Pamekasan sudah divaksinasi Covid-19. Hal ini tidak lain untuk menekan angka penularan Covid-19," kata Hanafi kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (8/6/2021) pagi.

"Disiplin protokol kesehatan (prokes) adalah hal mutlak yang harus menjadi perhatian bagi segenap elemen masyarakat Pamekasan sebagai garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19," sambungnya.

Hanafi menambahkan, pihaknya telah memperketat protokol kesehatan dan mewaspadai kegiatan kunjungan penitipan barang yang berpotensi menimbulkan kerumunan sejak Desember 2020.

Di sisi lain, kini pihaknya harus mewaspadai pengunjung dari Kabupaten Bangkalan yang datang ke Lapas Pamekasan, mengingat di daerah itu saat ini sedang terjadi peningkatan kasus Covid-19.

"Artinya dengan kenaikan virus Covid-19 ini kita harus lebih waspada. Ini bukanlah sebuah kebetulan. Data telah dengan nyata menunjukkan tren kepatuhan prokes yang semakin menurun berbanding lurus dengan tren penambahan kasus positif mingguan yang semakin meningkat," pungkasnya. (yen/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO