Hadiri Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemdes, Ini Pesan Bupati Gus Yani kepada AKD

Hadiri Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemdes, Ini Pesan Bupati Gus Yani kepada AKD Bupati Gus Yani, Ketua AKD Nurul Yatim, Ketua DPRD Abdul Qodir, dan Forkopimda Kabupaten Gresik saat pembukaan pelatihan peningkatan aparatur pemdes. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa (pemdes) se-Kabupaten Gresik di Hotel Aston Inn GKB, 13-30 Juni 2021. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Senin (14/6/2021).

Hadir dalam pembukaan itu, Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir, Ketua Nurul Yatim, Wakapolres Kompol Eko Iskandar, Danramil Kebomas, serta 18 camat se-Kabupaten Gresik.

Bupati Gus Yani dalam sambutannya menyatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa (pemdes) se-Kabupaten Gresik yang diadakan AKD tersebut.

"Ke depannya setelah adanya pelatihan ini di pemerintahan desa tak ada kegaduhan. Terjadi harmonisasi. Semua bisa saling melengkapi dengan mewujudkan teamwork yang baik untuk memajukan desa," ucap Bupati Gus Yani.

"Saya minta semua unsur desa mulai kepala desa dan perangkat aparaturnya, BPD, dan komponen lain guyub bersatu untuk membangun desa, dan menyejahterakan masyarakat," imbuhnya.

Dia juga berpesan kepada kepala desa jika ada pelantikan BPD baru atau sebaliknya harus saling mengenalkan diri dan saling mendukung. "Semua butuh pengenalan," katanya.

Dikatakan Bupati Gus Yani, salah satu yang menjadi konsentrasi negara saat ini adalah berpikir untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) aparatur yang juga menjadi prioritas. "Semua demi memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," paparnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, SDM pemerintahan perlu ditata dengan baik. "Birokrasi dirampingkan. Butuh percepatan pelayanan. Butuh lompatan di era yang penuh tantangan ini. Terlebih, dalam suasana pandemi Covid-19 yang belum usai," urainya.

Ia juga berpesan agar dalam momentum peningkatan SDM kepala desa dan aparaturnya ini bisa dimanfaatkan dengan baik. "Tolong dimanfaatkan dengan baik. Jangan hanya sekadar menggugurkan kewajiban penggunaan anggaran di desa. Harus ada hasil yang dicapai dalam peningkatan SDM, untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat," pesannya.

"Saya dan dan Bu Aminatun Habibah selaku bupati dan wakil bupati juga terus belajar untuk perbaikan dan peningkatan SDM," sambungnya.

Selain itu, Gus Yani juga berpesan kepada para kepala desa dan aparaturnya agar banyak berinovasi. "Harus kaya kreativitas. Butuh kreasi. Butuh lompatan. Eranya sudah berubah," bebernya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO