Tingkatkan Mutu, Kemenag Tuban Gembleng Kepala KUA Layanan Berbasis IT

Tingkatkan Mutu, Kemenag Tuban Gembleng Kepala KUA Layanan Berbasis IT Kemenag Tuban menggelar Bimtek Peningkatan Mutu Layanan KUA Berbasis IT bagi Kepala KUA dan Operator, di Aula KUA Kecamatan Tuban, Kamis (17/06/2021).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Mutu Layanan KUA Berbasis IT (Information Technology) bagi Kepala KUA dan Operator, di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tuban, Kamis (17/06/2021).

Kakankemenag Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan KUA. Menurutnya, saat ini Kemenag sedang bersaing baik antar kementerian atau antar lembaga, menuju pelayanan yang lebih baik. Untuk itu, dirinya mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di bawah naungan Kemenag supaya terus meningkatkan kemampuan ITnya.

"ASN hari ini harus up to date dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Terus tingkatkan layanan, sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan upayakan melayani dengan senyum," jelasnya.

Untuk itu, kata Sahid, penting sekali pegawai yang mampu memahami tentang IT, khususnya operator. Sebab, operator menjadi penanggung jawab dalam bidang administrasi.

Dengan adanya kegiatan ini, pria asal Kota Pudak berharap wawasan operator KUA terhadap IT bisa semakin meningkat. "Secanggih apapun sistem yang dibangun, tidak akan efektif dan tidak berjalan sempurna tanpa didukung oleh semua pihak," imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam , Mashari menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan terciptanya pelayanan prima pada Kantor Urusan Agama di Kabupaten Tuban. "Karena semakin hari teknologi informasi semakin berkembang dan canggih, sehingga harus dikaji, dipahami, dan dipelajari dengan baik," katanya.

Bimtek ini, lanjut Mashari, sebagai pembinaan dan penilaian berkelanjutan kepada operator di KUA untuk memacu prestasi dan kinerja pada KUA.

"Dasar yang berkaitan dengan IT ini tertuang dalam KMA No 892 Tahun 2019 terkait SIMKAH berbasis WEB, yang terkadang banyak masalah karena kurang pahamnya para operator terhadap ilmu teknologi informasi," ujarnya.

Menurutnya, revitalisasi KUA yang di-launching Menag menjadi program prioritas Kemenag saat ini meliputi perbaikan sarpras, sistem pelayanan (prima, ramah dan murah), digitalisasi, dan penguatan SDM.

"Kita berharap dengan kegiatan ini baik pelayanan, prestasi kinerja kita bisa betul-betul meningkat dan betul-betul melayani masyarakat secara baik," pungkasnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO