Uji Coba Windows 11 di Smartphone

Uji Coba Windows 11 di Smartphone Tangkapan layar Akun Youtube

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Baru-baru ini Mircosoft telah merilis Windows 11 Versi Preview. Melalui versi tersebut, pengguna bisa menjajal sensasi Windows 11 di Laptop. Namun, ternyata Windows 11 ini juga bisa dijalankan di smartphone.

Seperti yang dilakukan salah satu mahasiswa Prancis bernama Gustave Monce. Melalui channel YouTube-nya, Monce menunjukkan bahwa ia bisa menjalankan Windows 11 di smartphone Nokia Lumia 950 XL. Perlu diketahui, sistem operasi Lumia 950 XL memang berbasis Windows 10.

Dalam videonya, Monce melakukan sebuah uji coba instalasi Windows 11 bersama temannya Bingxing Wang dan teman lainnya yang tergabung dalam 1 tim. Menurut Monce seperti dilansir Theverge.com, mereka melakukan porting, merekayasa hingga menulis ulang driver agar Windows 11 bisa berjalan di smartphone ini.

Monce menunjukkan bahwa Windows 11 bisa berjalan dengan baik seperti Windows 10 sebelumnya. Semuanya terlihat sempurna seperti halnya Windows 11 yang diinstal pada laptop. Bedanya, hanya ukuran layar yang lebih kecil dan transisi gambarnya kurang maksimal.

Seperti halnya pada Windows 11 di desktop, Monce juga menujukkan bagian multitasking yang berjalan dinamis pada Windows 11 yang dijalankan pada smartphone. Misalnya saat di mode landscape, Windows 11 yang berjalan di smartphone memberikan tampilan seperti taskbar dengan menu di sisi tengah. Apabila smartphone digunakan pada mode portrait, maka menu akan berpindah ke bagian pojok kiri.

Hingga berita ini dibuat, video yang dipublikasikan oleh akun YouTube Monce itu sudah ditonton sebanyak 183.507 viewer. Video itu di-upload pada 29 Juni 2021. (ar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO