Peringatan Harkop, Gubernur Khofifah Ajak Semua Elemen Pahami Filosofi Koperasi Secara Menyeluruh

Peringatan Harkop, Gubernur Khofifah Ajak Semua Elemen Pahami Filosofi Koperasi Secara Menyeluruh

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hampir semua orang sudah mengenal . Namun, belum semua bisa memaknai filosofi . Dampaknya, optimalisasi peran dan manfaat di Indonesia belum maksimal. Karena itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak semua elemen masyarakat memahami filosofi secara menyeluruh dan menjadikan penguat kebangkitan KUMKM di saat pandemi Covid-19 saat ini.

Gubernur Khofifah mengatakan, sering diajarkan sebagai sokoguru perekonomian Indonesia. Tapi jarang yang menjadikan sebagai satu kesatuan proses penguatan ekonomi bangsa. "Bisa jadi, ini terjadi karena pemahaman filosofi sebagai roh kekuatan ekonomi masih kurang," katanya.

Ada korporasi, ada . Keduanya berbeda, tapi bisa sinergi. Ada korporasi yang memiliki , ada pula yang memiliki korporasi. Di negara lain, sinergi antara korporasi dengan terwujud dan saling menguatkan.

"Misalnya Vietnam, ada yang memiliki korporasi dalam bentuk hypermarket, korporasi ini menjadi konektivitas produk UKM, UMKM, dan IKM di negara itu, sehingga berhasil membuat korporasi yang menjembatani kebutuhan para pelaku usaha, yakni pasar," ungkapnya.

Korporasi dan memang beda. Korporasi diartikan sebagai perusahaan dengan unsur mempekerjakan pegawai dan mendapat untung sebesar-besarnya. Lalu, lebih didominasi unsur kerja sama semua anggota untuk kesejahteraan bersama. "Memang benar, dua istilah itu tidak bisa disamakan, tapi bisa disinergikan. Koperasi memiliki segudang potensi," ujarnya.

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan bahwa membutuhkan korporasi untuk mengoptimalkan produk usahanya. Profit yang dihasilkan dari korporasi menjadi pendukung dari kemajuan . Selanjutnya, kemajuan menjadi parameter kesejahteraan anggotanya.

"Semua saling berkaitan, karena itu, korporasi dan bisa disinergikan. Ini salah satu bentuk pemahaman filosofi sebenarnya, konsep yang diterapkan menguatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Gubernur Khofifah memisalkan negara Korea Selatan. Koperasi maritim dan perikanan di negara itu memiliki peran besar pada bidang pengelolaan perikanan dan kelautan. Lembaga tersebut mempunyai sumber daya yang luar biasa. Karena itu, pengembangan yang dilakukan kementerian perikanan dan kelautan di negara tersebut kemajuannya sangat banyak di-support oleh .

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO