Senin, 02 Agustus 2021 21:46

PPKM Darurat, SMK Kesehatan Bina Husada Gelar Proses Belajar Mengajar Daring

Sabtu, 17 Juli 2021 15:55 WIB
Editor: Nur Syaifuddin
Wartawan: Ferdiana Lestari
PPKM Darurat, SMK Kesehatan Bina Husada Gelar Proses Belajar Mengajar Daring
SMK Kesehatan Bina Husada gelar proses kegiatan mengajar secara daring.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Bina Husada Kabupaten Pamekasan menerapkan proses kegiatan belajar mengajar secara daring.

"Kami biasanya mulai pembelajaran tingkat SMK 45 menit per jampel (jam pelajaran). Namun, sekarang kita ubah menjadi 20 menit per jampel, dan dalam sehari ada 8-9 jampel," ungkap Kepala SMK Kesehatan Bina Husada Pamekasan, Achmad Sutrisno, pada BANGSAONLINE.com, Sabtu (17/07/2021).

Belajar mengajar daring tersebut dijalankan pihaknya sejak tahun ajaran baru, yakni tanggal 12 juli 2021 lalu, sesuai dengan surat edaran pemerintah daerah dan arahan pemerintah pusat.

"Alhamdulillah sudah dilakukan sejak awal tahun pelajaran. Kalau ditanya sampai kapan, kami menunggu instruksi lebih lanjut, atau jika pandemi Covid-19 mulai menurun," terang dia.

BACA JUGA : 

Inovasi Baru, SMPN 1 Gurah Kabupaten Kediri Terapkan Pinjam Buku Secara Drive Thru

Perpanjangan PPKM Level IV, Pemkab Pamekasan Sediakan Tempat Isolasi Terpusat

Peduli Pasien Isoman, Pemkab Pamekasan Luncurkan Paket Bantuan Pangan dan Obat-obatan

PPKM Darurat, Kapolres Pamekasan dan Tokoh Agama Blusukan Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak

Secara teknis, ia mengatakan kegiatan belajar mengajar secara daring berjalan dengan baik. Ia Achmad Sutrisno mengakui ada siswa yang senang, dan juga ada yang kurang senang dengan pola daring tersebut.

"Karena mau tidak mau, pembelajaran secara langsung atau tatap muka jauh lebih efektif dalam penyerapan materi oleh siswa, tetapi kondisi (pandemi) ini membuat daring pilihan paling memungkinkan untuk proses pendidikan berlanjut," ujar Sutrisno.

Ia juga tak menampik adanya kendala teknis selama pola belajar daring, di antaranya penyerapan materi praktikum yang kurang sempurna, serta kendala sinyal bagi siswa-siswa yang ada di pelosok. Hal ini menyebabkan kurang optimalnya proses pembelajaran.

"Karena mata pelajaran di sekolah kejuruan ada yang harusnya dengan praktikum dan laboratorium, jadi tidak bisa dilaksanakan optimal hanya dengan daring," tukasnya.

Ia berharap situasi pandemi segera membaik, sehingga proses pembelajaran siswa kembali normal. "Karena kondisi daring ini jauh dari keinginan semua pihak dalam hal pembelajaran yang efektif dan baik untuk para siswa," pungkasnya. (pmk/ns)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...