Percepat Herd Immunity, Bupati Gus Yani Latih 140 Nakes Hingga Siapkan Tempat Wisata untuk Vaksinasi

Percepat Herd Immunity, Bupati Gus Yani Latih 140 Nakes Hingga Siapkan Tempat Wisata untuk Vaksinasi Bupati Gus Yani saat membuka pelatihan nakes untuk program vaksinasi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Untuk mewujudkan herd immunity, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani terus melakukan percepatan vaksinasi agar cakupan masyarakat yang telah divaksin segera mencapai 70 persen. Percepatan itu di antaranya dilakukan dengan menambah vaksinator.

Gus Yani, sapaan Bupati Gresik, telah membuka pelatihan untuk 140 orang relawan tenaga kesehatan (nakes) menjadi vaksinator. Ia juga menyiapkan tempat wisata untuk vaksinasi.

Relawan nakes yang dilatih itu merupakan hasil rekrutmen yang baru-baru ini dilakukan oleh Pemkab Gresik. Mereka terdiri dari para dokter, perawat, bidan, apoteker, dan mahasiswa kesehatan semester akhir di Fakultas Kesehatan.

"Kami sangat menghargai dan berterima kasih sekali kepada yang telah bersedia mengabdikan diri untuk masyarakat yang membutuhkan. Hal ini akan menjadi kebanggaan sebagai generasi milenial," ucap Gus Yani.

Menurutnya, pelatihan vaksinator ini sebagai langkah persiapan vaksinasi massal yang rencananya akan digelar mulai Agustus 2021.

"Sekitar bulan Agustus dan September akan ada dropping vaksin dalam jumlah besar dari pemerintah pusat. Dengan demikian, kami sudah mempersiapkan tenaga, sarana dan prasarana untuk vaksinasi massal," paparnya.

Ia berharap melalui vaksinasi massal itu target 70 persen vaksinasi masyarakat Gresik bisa dicapai, sehingga herd immunity bisa terbentuk.

Selain vaksinasi massal, pihaknya juga menyiapkan agenda gerebek vaksin di beberapa lokasi wisata desa untuk pemerataan vaksinasi di Gresik. Setidaknya sudah ada 4 tempat wisata yang menyatakan bersedia untuk melaksanakan kegiatan gerebek vaksin. Yaitu Wisata Lontar Sewu di Kecamatan Menganti, Wisata Gosari (Wagos) dan Wisata Setigi di Kecamatan Ujungpangkah, serta Wisata Pantai Delegan di Kecamatan Panceng.

Kepastian itu didapat setelah Gus Yani mengadakan rapat koordinasi persiapan program gerebek vaksin (vaksinasi massal) dengan para kepala OPD, dengan mengundang pengelola wisata di Ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik, Selasa (27/7/2021).

Simak berita selengkapnya ...