Lewat Go Reter, Lima Mahasiswa Unibraw Olah Air Sungai Jadi Layak Konsumsi

Lewat Go Reter, Lima Mahasiswa Unibraw Olah Air Sungai Jadi Layak Konsumsi Lima Mahasiswa Universitas Brawijaya saat memasang alat untuk mengolah air sungai agar layak konsumsi menggunakan metode simple water treatment.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kreativitas lima Mahasiswa Malang muncul setelah menyaksikan kehidupan warga salah satu dusun terpencil di Kabupaten Sidoarjo yang berada di tengah area pertambakan. Yakni Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Dusun dengan jumlah warga 338 orang itu, sampai saat ini masih mengandalkan air hujan yang ditampung pada wadah atau bak untuk memenuhi air untuk kebutuhan sehari-hari. Sebab, meski tempat tinggal mereka air melimpah, namun kualitas air sungai masih di bawah batas baku mutu air bersih. Kondisi air di Dusun Kepetingan cenderung berwarna keruh dan tergolong payau.

Bahkan jika musim kemarau, warga harus membeli air ke desa terdekat dengan jarak 18 kilometer dari tempat mereka.

Akibat dari krisis air bersih itu, beberapa kali warga desa setempat dilanda penyakit diare dan gatal-gatal.

Melihat hal itu, lima Mahasiswa tergerak untuk membantu warga mengatasi masalah krisis air bersih.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat yang dinamakan "Go Reter" (Gerakan Optimis Renewable Water) ini mereka bekerja sama dengan Karang Taruna Dusun Kepetingan mengolah air Sungai Kedung Peluk, supaya layak konsumsi.

Kelima mahasiswa itu adalah Rachmad Pratama Fauzi, Arrival Gusthi Adhikara, Husna Atikah, Dina, dan Faris Taqqiyuddin.

Dengan bimbingan Dosen Malang, Joko Prasetyo, kelima mahasiswa tersebut memilih metode "simple water treatment" agar air Sungai Kedung Peluk bisa dimanfaatkan untuk konsumsi.

Penerapan metode "simple water treatment" diyakini mampu menjernihkan air, menurunkan kadar logam berat, membunuh sejumlah bakteri yang terkandung dalam air, sekaligus menurunkan zat padat terlarut sehingga menghasilkan air dengan kualitas layak konsumsi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO