HKTI Jatim Siap Berikan Pendampingan terhadap Keluhan Petani

HKTI Jatim Siap Berikan Pendampingan terhadap Keluhan Petani Ning Lia bersama Ning Mila saat penaburan bibit jagung. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Dr. Lia Istifhama atau akan terus memberikan pendampingan kepada para petani yang sedang mengalami kesulitan. Misal, pendampingan kendala kekurangan pupuk, kendala kerusakan tanaman atau bimbingan cara penanaman yang baik agar hasilnya juga baik.

"Kedatangan kami kepada petani jagung ini ingin membantu mereka, baik pembinaan maupun pendampingan, mulai penanaman hingga panen," kata kepada BANGSAONLINE.com saat turba lapangan di persawahan Desa Pukul, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Selasa (7/9/2021).

Ia menjelaskan bahwa umumnya sawah itu kebanyakan ditanami padi, sementara di lokasi tersebut petaninya kreatif dengan tanaman jagungnya. Dengan demikian, sangat mengapresiasi para petani, ke depannya ia akan terus melakukan pembinaan supaya petani itu bisa lebih kreatif, inovatif, dan mandiri, sehingga hasil panennya itu bisa bagus.

Adapun langkah ke depannya, HKTI bekerja sama dengan Biota Group telah menyiapkan semacam pupuk organik yang mana pupuk tersebut berfungsi untuk melindungi tanaman dari serangan hama, juga berfungsi menyuburkan tanaman. Pupuk itu sendiri sementara ini tidak ada di pasar-pasar dan belum diperjualbelikan.

Sementara itu, Perangkat Desa Pukul, Abdul Basit menyatakan bahwa pupuk yang digunakan oleh petani di sini itu bermacam-macam, ada pupuk antihama, ada pupuk penyubur tanaman, ada juga pupuk organik atau pupuk buatan sebagai peringanan biaya.

Pada kesempatan itu, Basit memaparkan bahwa kendala yang dialami petani jagung itu semacam ulat yang menggerogoti tanaman. "Sehingga para petani untuk mengantisipasi agar tanamannya terhindar dari serangan tersebut, disediakanlah obat antiserangga, dengan dilakukan penyemprotan dalam waktu tertentu," pungkasnya.

Dalam giat turba lapangan tersebut, selain dihadiri Ketua HKTI Jawa Timur, juga hadir Ketua HKTI Kab. Pasuruan Ny. Hj. Nikmah Jamilah Halim atau , serta dari jajaran PT Tunas Harmoni yang bermitra dengan HKTI. (afa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO