Masuk Prioritas 100.000 Lapangan Kerja Baru, Bupati Gus Muhdlor Minta SMK Siapkan Data Lulusan

Masuk Prioritas 100.000 Lapangan Kerja Baru, Bupati Gus Muhdlor Minta SMK Siapkan Data Lulusan KUNJUNGAN: Bupati Ahmad Muhdlor meninjau Bursa Kerja Khusus SMK ITABA Gedangan, Selasa (14/9/2021). foto: Kominfo Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ribuan siswa SMK di Kabupaten Sidoarjo yang akan memasuki kelulusan dan sudah siap memasuki dunia kerja menjadi atensi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor).

Lembaga Bursa Kerja (BLK) yang dibentuk sekolah kejuruan diminta Bupati Gus Muhdlor mempersiapkan database lulusan siswa yang siap bekerja.

Para lulusan SMK juga diminta bupati meningkatkan kompetensinya. Persiapan ini dilakukan karena lulusan SMK masuk dalam prioritas program 100.000 lapangan kerja baru yang disiapkan Pemkab Sidoarjo melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan.

Bupati Gus Muhdlor mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan kebijakan dalam rangka mempercepat membuka lapangan kerja baru melalui MoU dengan perusahaan-perusahaan besar.

Seperti industri di kawasan Jabon ditargetkan akan menyerap sekitar 75 persen pekerja, memprioritaskan warga Sidoarjo.

“Setiap perusahaan besar yang mau investasi mendirikan ataupun berada di Sidoarjo, harus mengutamakan 75 persen pekerja dari warga Sidoarjo dan dari BLK Kejuruan. Saya minta Disnaker mengawal program ini,” jelas Gus Muhdlor saat Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bursa Kerja Khusus Sistem Antar Kerja dalam jejaring info lowongan kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), Antar Kerja Antar Negara (AKAN), bagi siswa SMK ITABA Gedangan yang akan memasuki dunia kerja, di SMK ITABA Gedangan, Selasa (14/9/2021).

"Ada AKL, AKAD, AKAN, itu peluang-peluang yang bisa dipilih kalau adik-adik masuk dunia kerja, tapi akan lebih baik kalau adik-adik wirausaha sendiri," tandas Gus Muhdlor.

Simak berita selengkapnya ...