Melalui Prodamas Plus, Tinalan dan 10 Kelurahan Lainnya Diusulkan Jadi Kampung Keren

Melalui Prodamas Plus, Tinalan dan 10 Kelurahan Lainnya Diusulkan Jadi Kampung Keren Salah satu perajin tahu di Kelurahan Tinalan saat membuat tahu. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, diusulkan sebagai Kampung Keren (Kreatif dan Independen). Kelurahan Tinalan yang terkenal akan potensi industri tahunya, memantapkan diri sebagai ‘Kampoeng Tahu’. 

Kampung keren merupakan upaya Pemerintah Kota Kediri meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui Program Prodamas Plus.

Yusuf Iswanto, Lurah Tinalan, mengatakan di wilayahnya terdapat 34 produsen tahu. Rata-rata mereka sudah membuat tahu sejak puluhan tahun lalu secara turun-temurun. "Tercatat, eksistensi sentra produksi tahu di Kelurahan Tinalan ini telah berjalan selama 4 tahun," ungkapnya, Minggu (3/10).

Tidak hanya memproduksi tahu, masyarakat Kelurahan Tinalan juga berinovasi membuat aneka olahan tahu, seperti coklat tahu, tahu walik, stik tahu, dan aneka variasi olahan tahu lainnya.

Dari potensi itulah, Yusuf mengusulkan Kelurahan Tinalan sebagai kampung keren. Tujuannya, mempermudah pengelolaan dan mengebut target peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kita juga selalu berkomunikasi dengan paguyuban para produsen tahu ini. Agar keluh kesah mereka dapat tersalurkan serta dapat membantu mereka jika mengalami kendala,” bebernya Yusuf.

Simak berita selengkapnya ...